Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Eksklusif Tribunnews

Curahan Hati Pemilik Warteg: Ikhlas dan Sabar Menunggu Pandemi ini Selesai

Ali Tobiin adalah pemilik Warteg Dewi 46 yang beralamat di Jalan Karet Pasar Baru Timur 5 RT 10/09, Karet Tengsin Tanah Abang Jakarta Pusat.

Curahan Hati Pemilik Warteg: Ikhlas dan Sabar Menunggu Pandemi ini Selesai
TRIBUNNEWS.COM/LUCIUS GENIK
Ali Tobiin,pemilik Warteg Dewi 46 

lLaporan wartawan Tribun, Lucius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Haji Ali Tobiin mengurangi jumlah pekerja di Warung Tegal (Warteg) miliknya. Ali Tobiin adalah pemilik Warteg Dewi 46 yang beralamat di Jalan Karet Pasar Baru Timur 5 RT 10/09, Karet Tengsin Tanah Abang Jakarta Pusat.

Ali mengungkapkan, terpaksa mengurangi jumlah pekerja lantaran pemasukannya menurun signifikan. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) resmi berlaku di wilayah Jakarta.

Sabtu (11/4) pekan lalu, Warteg Dewi 46 membagikan ratusan bungkus makanan gratis kepada warga setempat. Operasi membagikan makanan gratis itu diwujudkan Warteg Dewi 46 bekerjasama dengan Tribunnews.com dan Aksi Cepat Tanggap (ACT), yang mendanai operasional pembagian makanan gratis.

Baca: Pastikan Penerapan PSBB di Pelabuhan Tanjung Priok, IPC Distribusikan 20 Ribu Masker Non Medis

Kebijakan PSBB, lanjut Ali, membuat kantor-kantor di sekitar Warteg Dewi 46 tutup. Imbasnya, Warteg Dewi 46 milik Ali sepi pengunjung. Mengurangi jumlah pekerja jadi keputusan Ali guna meminimalisir pengeluaran pribadinya.

"Di tengah Covid-19 ini saya hanya mengerahkan dua pekerja. Itu pun tetangga saya semua. Yang lainnya sudah saya rumahkan. Meminimalisir pengeluaran juga. Intinya seperti itu," ungkap Ali kepada Tribun, Senin (13/4/2020) kemarin.

Berikut petikan wawancara lengkap Tribun dengan Haji Ali Tobiin.

Sampai kapan operasi bagi makanan gratis ini dilakukan?
Kalau dari Koordinator Warteg Nusantara sendiri teknisnya saya sendiri kurang tahu sampai kapan. Tapi kalau saudara dan warga kalau bisa bagi makanan ini sampai selesai Covid-19, atau sampai kondisinya kembali kondusif.

Baca: Jokowi: Saya Titip Betul, Arus Logistik dan Bantuan Untuk Masyarakat Jangan Sampai Terganggu

Untuk setiap warteg khusus di Jabodetabek, tidak tentu waktu aksi operasi bagi makanan gratisnya. Bukan berkesinambungan.

Jadi, kalau sedang dapat jadwal, misal Warteg Dewi 46, jadwalnya hari ini, jam sekian, baru kita mulai aksi operasi bagi makanan gratis kepada warga. Besoknya lagi kalau belum dapat jadwal, ya tidak bagikan makanan.

Baca: Imbas Covid-19, Damri Mulai Sesuaikan Jadwal Layanan

Halaman
123
Editor: Rachmat Hidayat
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas