Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Akan Intervensi, Kemenhub Serahkan Proses Hukum 3 Oknum Pilot Diduga Gunakan Narkoba ke Polri

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara angkat bicacra soal tiga oknum pilot yang ditangkap diduga karena narkoba.

Editor: tribunjakarta.com
zoom-in Tak Akan Intervensi, Kemenhub Serahkan Proses Hukum 3 Oknum Pilot Diduga Gunakan Narkoba ke Polri
Dokumen
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara angkat bicara soal tiga oknum pilot yang ditangkap karena diduga menggunakan narkoba.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto menegaskan pihaknya menyerahkan proses penanganannya kepada penegak hukum, dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Menurutnya, Kementerian Perhubungan tidak akan mengintervensi proses hukum yang dilaksanakan pihak Kepolisian terhadap para pilot yang diduga terlibat dalam penggunaan narkoba.

“Penanganan terhadap dugaan penyalahgunaan narkoba oleh pilot adalah wewenang penuh pihak kepolisian. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengapresiasi kepolisian dalam upaya pemberantasan narkoba, khususnya yang dilakukan oleh pilot ataupun personil penerbangan.Saya pastikan Kementerian Perhubungan dalam hal ini Ditjen Perhubungan Udara tidak akan mengintervensi. Kami menyerahkan pengusutan dan penanganannya kepada pihak Polri sesuai aturan hukum yang berlaku,” kata Novie Riyanto kepada  wartawan di Jakarta, Sabtu (11/7/2020).

Novie menjelaskan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah berkomitmen untuk mewujudkan penerbangan di Indonesia bebas dari penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Hal ini sebagai wujud komitmen itu dilakukan dengan tes narkoba atau RUN (Rapid Urine Napza) secara random dilakukan di bandara diseluruh Indonesia.

Dirjen Novie meminta kepada operator penerbangan untuk terus melakukan sosialisasi bahaya narkoba serta melakukan tes narkoba kepada para personilnya.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu dia mengatakan bahwa pihaknya tidak akan melindungi personil penerbangan yang terlibat dengan narkoba,

Pemberantasan narkoba dalam penerbangan dilakukan tidak hanya bagi pengguna jasa angkutan udara, tetapi juga kepada para personil penerbangan.

Dirjen Novie memastikan, personil penerbangan yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba tidak akan mendapat perlindungan dari Kementerian Perhubungan.

“Kami berkomitmen penuh dalam pemberantasan narkoba, demi terwujudnya penerbangan di Indonesia yang selamat, aman, dan nyaman,” kata Dirjen Novie.

Oknum pilot dipecat

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas