Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada 6 Titik Prioritas Penanganan Banjir di Jakpus, Pemkot Siapkan 148 Lokasi pengungsian

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara menuturkan titik prioritas tersebut dipilih karena dampak cukup besar ketika hujan lebat turun.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Ada 6 Titik Prioritas Penanganan Banjir di Jakpus, Pemkot Siapkan 148 Lokasi pengungsian
Istimewa
Jalan KH Mas Mansyur, Karet Tengsin, Tanah Abang sempat tergenang banjir 30 cm, Senin (21/9/2020) malam. BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya semalam, Sabtu (10/10/2020), mengeluarkan peringatan dini bencana adanya potensi banjir. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menyebut ada enam (6) titik lokasi yang jadi prioritas penanganan banjir.

Keenam titik itu yakni Kelurahan Johar Baru, Kelurahan Karet Tengsi, Kelurahan Petamburan, Kelurahan Kebon Kelapa, Kelurahan Bendungan Hilir, dan Kelurahan Cempaka Putih Barat.

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara menuturkan titik prioritas tersebut dipilih karena dampak cukup besar ketika hujan lebat turun.




"Kami memiliki deadline sampai dengan Desember. Kami sudah paparkan dengan para UKPD yang ada. Sehingga program ini bisa terealisasi sesuai target yang ditetapkan," kata Bayu kepada wartawan, Rabu (21/10/2020).

BANJIR - Pemukiman warga di wilayah Rw 02 Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, masih tergenang air yang berasal dari luapan Kali Mookervart, Senin (19/10/2020). Ketinggian air di wilayah ini masih tersisa dengan ketinggian sekitar 30 cm. Hal ini disebabkan karena pemukiman warga berada persis di tepi kali yang permukaan tanahnya lebih rendah sehingga rentan diterjang banjir. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
BANJIR - Pemukiman warga di wilayah Rw 02 Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, masih tergenang air yang berasal dari luapan Kali Mookervart, Senin (19/10/2020). Ketinggian air di wilayah ini masih tersisa dengan ketinggian sekitar 30 cm. Hal ini disebabkan karena pemukiman warga berada persis di tepi kali yang permukaan tanahnya lebih rendah sehingga rentan diterjang banjir. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Pemkot Jakpus juga sudah menyiapkan 148 lokasi pengungsian korban banjir.

Titik-titik itu disiapkan sebagai antisipasi jika genangan air melanda pemukiman warga, dan mengharuskan mereka tinggal sementara di luar rumah menanti air surut.

Adapun jumlah titik pengungsian tersebut meningkat signifikan dibanding sebelumnya yang cuma 18 lokasi.

Mobil dan Motor Nekat Terjang Genangan Banjir Cileuncang
Mobil dan Motor Nekat Terjang Genangan Banjir Cileuncang (TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
BERITA TERKAIT

Hal itu dikarenakan di tengah pandemi Covid-19 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap memberlakukan protokol kesehatan, termasuk di lokasi pengungsian.

Dengan banyaknya titik pengungsian, diharapkan masyarakat yang mengungsi bisa lebih melonggarkan jarak saat di dalam tenda.

"Kami siapkan 148 pengungsian dari sebelumnya 18 pengungsian," ujar dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas