Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

PSBB di Jakarta

Dua Pekan PSBB Transisi, Satpol PP DKI Dapati 13 Ribu Orang Tak Pakai Masker di Ruang Publik

Denda yang terkumpul selama penerapan 2pekan PSBB transisi selama di Jakarta sebesar Rp 97,2 juta, denda terbesar dari pelanggar tak bermasker.

Dua Pekan PSBB Transisi, Satpol PP DKI Dapati 13 Ribu Orang Tak Pakai Masker di Ruang Publik
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PSBB TRANSISI - Tim Operasi Yustisi 2020 Pencegahan Covid-19 Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, menggelar razia pelanggar aturan protokol kesehatan di Jalan Lapangan Bola, Senin (12/10/2020). Pemprov DKI Jakarta mengumumkan kebijakan PSBB Transisi Jilid II, mulai 12 Oktober hingga 25 Oktober mendatang. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satpol PP DKI Jakarta mengumpulkan dana Rp 97,2 juta yang diterima dari denda administrasi pelanggar PSBB selama dua pekan, periode 12 - 24 Oktober 2020.

Denda terbesar berasal dari pelanggar yang tak memakai masker.

"Dana denda yang terkumpul selama penerapan PSBB transisi selama dua pekan ini di Jakarta sebesar Rp 97.200.000 rupiah," kata Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin kepada wartawan, Senin (26/10/2020).

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (7/8/2020).
Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (7/8/2020). (Tribunnews.com/ Danang Triatmojo)

Rinciannya, total denda itu terkumpul dari tiga jenis pelanggaran, antara lain warga tak menggunakan masker, restoran dan rumah makan yang melanggar ketentuan PSBB, serta perkantoran dan tempat usaha yang tidak patuh ketentuan.

Berdasarkan data Satpol PP, selama dua pekan PSBB transisi berjalan, sebanyak 13.300 orang kedapatan tidak memakai masker di ruang publik.

Dari jumlah itu, 12.853 orang disanksi kerja sosial.

Sisanya 447 orang memilih membayar denda administrasi, dengan total Rp72,2 juta.

RAZIA MASKER - Puluhan warga terjaring dalam razia masker yang digelar di Jalan Latumeten, tepatnya di depan Mal Season City, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Senin (15/6/2020). Kegitan yang melibatkan unsur Satpol PP, Dishub, Polisi dan TNI ini, menyasar para pengguna jalan yang tak menggunakan masker ketika  melintas di kawasan tersebut. Para pelanggar dikenai sanksi berupa kerja sosial menyapu jalan, menyanyikan lagu wajib dan denda uang sebesar Rp 250 Ribu. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
RAZIA MASKER - Puluhan warga terjaring dalam razia masker yang digelar di Jalan Latumeten, tepatnya di depan Mal Season City, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Senin (15/6/2020). Kegitan yang melibatkan unsur Satpol PP, Dishub, Polisi dan TNI ini, menyasar para pengguna jalan yang tak menggunakan masker ketika melintas di kawasan tersebut. Para pelanggar dikenai sanksi berupa kerja sosial menyapu jalan, menyanyikan lagu wajib dan denda uang sebesar Rp 250 Ribu. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Sedangkan bidang usaha, ada 24 rumah makan dan 22 restoran yang melanggar.

Mereka disanksi tutup sementara 1x24 jam.

Ada dua restoran yang dijatuhi sanksi denda, dengan total Rp25 juta.

"Kalau untuk perkantoran, tempat usaha dan tempat industri ada 16 yang melanggar dan semuanya dilakukan penutupan selama 3x24 jam," ucap dia.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas