Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Tingkatkan Tracing Covid-19, BIN Gelar Test Usap Massal di Tangerang Selatan

Badan Intelijen Negara menggelar test usap massal bagi warga di Kantor Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten

Tingkatkan Tracing Covid-19, BIN Gelar Test Usap Massal di Tangerang Selatan
Istimewa
Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar test usap massal untuk warga di Kantor Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (23/2/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG SELATAN - Badan Intelijen Negara menggelar test usap massal bagi warga di Kantor Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (23/2/2021).

Kordinator Lapangan Mobile Laboratorium Covid-19 BIN Kolonel Inf Budi Santoso mengatakan swab test digelar untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai arahan dari Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan.

"Kami menyiapkan 500 alat rapid test antigen dan 25 medical intelligen untuk kegiatan hari ini," ujar Budi dilansir dari keterangan yang diterima.

Swab test tersebut digelar mulai pukul 08.00 WIB.

Warga sekitar termasuk pegawai kantor dinas wali kota dan kecamatan antusias mengikuti swab test yang digelar BIN.

Baca juga: 17 Juta dari Guru, TNI dan Polri Siap untuk Divaksinasi Covid-19

Menerapkan standar protokol kesehatan, mereka duduk di bangku yang telah disiapkan sambil menunggu panggilan petugas medical intelligen.

Budi menjelaskan, langkah tes yang diinisiasi medical inteligen BIN melalui tes usap tersebut tidak akan berarti apabila masyarakat tidak patuh serta menjalankan protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.

"Kita laksanakan atas kerjasama kami dengan pemerintah daerah maupun Satgas Covid-19 setempat. Hingga kini kami sudah melakukan test hingga 55.000 sampel sejak tahun lalu di berbagai daerah," katanya.

Mendukung kegiatan ini, kata Budi, pihaknya juga menyiapkan dua unit mobile laboratorium PCR test dan satu unit bus laboratorium untuk mengolah langsung sampel tes usap yang dilakukan kepada warga.

Mobile Lab PCR berstandar Biosafety Level 2 (BSL-2) ini memiliki kemampuan ekstraksi dan running sampel hasil test usap dalam waktu 8 sampai 10 jam.

Baca juga: Pengacara Kondang Hotman Paris Terima Vaksin Covid-19 di RSUD Koja, Nakes Rebutan Foto

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Adi Suhendi
Sumber: TribunJakarta
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas