Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

25 Bus Sekolah dan 55 Personel Ditugaskan Layani Transportasi Lansia ke Lokasi Vaksinasi

Kepala UPAS Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ali Murthado mengatakan pihaknya dilibatkan untuk transportasi lansia umum ke posko vaksinasi Covid-19.

25 Bus Sekolah dan 55 Personel Ditugaskan Layani Transportasi Lansia ke Lokasi Vaksinasi
Tribunnews/JEPRIMA
Suasana Bus Sekolah yang terparkir di Armada Covid 19 di Pool Bus Sekolah DKI Jakarta, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (5/1/2020). Unit Pelayanan Angkutan Sekolah (UPAS) melakukan dua tahap sterilisasi yaitu penyemprotan cairan disinfektan dan pengasapan bakteri. UPAS mengerahkan 16 Armada bus sekolah dari 176 bus sekolah untuk mengantar dan menjemput pasien positif Covid menuju rumah sakit rujukan di Jakarta. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI Jakarta dilibatkan dalam program vaksinasi dinamis Covid-19 bagi lansia umum.

Kepala UPAS Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Ali Murthado mengatakan pihaknya dilibatkan untuk transportasi lansia umum ke posko vaksinasi Covid-19.

"Tujuannya agar memudahkan para lansia menuju lokasi vaksinasi Covid-19. Sehingga program vaksinasi lansia yang ditarget berlangsung hingga akhir Maret ini selesai," kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Doni Monardo Resmikan RS Covid-19 Ir. Soekarno di Bangka Belitung

Setelah para lansia kategori umum didata masing-masing pihak Kelurahan sesuai domisili data tersebut lalu disampaikan ke jajaran UPAS Dishub DKI Jakarta.

Nantinya jajaran UPAS Dishub DKI Jakarta bakal menjemput lansia kategori umum di lokasi yang ditentukan pihak Kelurahan untuk dibawa ke posko vaksinasi.

Para lansia umum merupakan target penerima vaksin Covid-19 tahap dua sebagaimana tenaga pendidik, pedagang pasar, tokoh agama, petugas pelayanan publik, petugas transportasi.

"Kita mengerahkan 25 unit bus dengan 55 personel untuk melayani transportasi lansia ke lokasi vaksinasi. Kita juga menerima permintaan transportasi dari panti lansia swasta," ujarnya.

Baca juga: Puluhan PSK Belia dan Pria Hidung Belang Terjaring Penggerebekan di Hotel, Ada yang Reaktif Covid-19

Proses ini serupa dengan evakuasi pasien terkonfirmasi Covid-19 ke RS rujukan dan tempat isolasi khusus yang dilakukan berdasar permintaan pihak Puskesmas.

Bedanya, Ali menuturkan bus yang digunakan untuk transportasi lansia umum ke posko vaksinasi tidak dimodifikasi sebagaimana armada untuk evakuasi pasien Covid-19.

"Jadi bus yang digunakan untuk transportasi lansia umum beda dengan bus untuk evakuasi pasien Covid-19, sehingga para lansia tidak perlu khawatir saat diantar ke lokasi vaksinasi," tuturnya.

Baca juga: Pria di Bekasi Terekam CCTV Curi Segepok Uang dari Laci di SPBU Jatiwarna 

Ali menyebut pada Kamis (18/3) siang jajarannya melayani transportasi 30 lansia umum warga RT 10/11 Kelurahan Pademangan ke lapangan Artha Graha Peduli lokasi vaksinasi Covid-19.

Pihaknya tak mengalami kesulitan dalam proses transportasi lansia umum karena sudah beberapa kali mengevakuasi lansia terkonfirmasi Covid-19 ke RS rujukan dan tempat isolasi khusus.

"Untuk layanan transportasi lansia umum ke lokasi vaksinasi Covid-19 ini kita melayani permintaan se-DKI Jakarta. Dalam satu kali perjalanan kita bisa membawa belasan hingga puluhan lansia," lanjut Ali.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul 25 Armada Bus Sekolah DKI Layani Transportasi Lansia Umum ke Lokasi Vaksinasi Covid-19

Ikuti kami di
Editor: Theresia Felisiani
Sumber: TribunJakarta
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas