Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Paskah 2021

Jumat Agung, Polda Metro Jaya Siapkan Penjagaan Ketat di 833 Gereja

Polda Metro Jaya memperketat pengamanan dalam rangka ibadah Jumat Agung di gereja-gereja Ibu kota. Ada 4 gereja besar yang menjadi skala prioritas.

Jumat Agung, Polda Metro Jaya Siapkan Penjagaan Ketat di 833 Gereja
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Sejumlah personel TNI-Polri berjaga di area Gereja Katedral Jakarta, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Kamis (1/4/2021) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya memperketat pengamanan dalam rangka ibadah Jumat Agung di gereja-gereja Ibu kota.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan akan melakukan penjagaan di 833 gereja.

"Pada Jumat Agung besok ini di wilayah hukum PMJ saja ada 833 gereja melaksanakan ibadah dari 13 Polres yang ada. Kekuatan yang kita turunkan sekitar 5.590 personel," kata Yusri dalam keterangan yang diterima, Jumat (2/4/2021).

Yusri menyebut ada 4 gereja besar yang menjadi skala prioritas untuk diamankan.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. meninjau langsung pengamanan yang dilakukan oleh personel gabungan dari TNI dan Polri di Gereja Katedral Jakarta, Kamis (1/4/2021) malam. Pada peninjauan tersebut, Panglima TNI didampingi oleh Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad. Kedatangan Panglima TNI beserta rombongan di Gereja Katedral disambut oleh Uskup Agung Jakarta Prof. Dr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo. Panglima TNI dan Uskup Agung Jakarta berbincang terkait pengamanan gereja yang dilakukan TNI dan Polri pasca aksi terorisme yang terjadi di Gereja Katedral Makassar dan Mabes Polri Jakarta, beberapa hari yang lalu. TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. meninjau langsung pengamanan yang dilakukan oleh personel gabungan dari TNI dan Polri di Gereja Katedral Jakarta, Kamis (1/4/2021) malam. Pada peninjauan tersebut, Panglima TNI didampingi oleh Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad. Kedatangan Panglima TNI beserta rombongan di Gereja Katedral disambut oleh Uskup Agung Jakarta Prof. Dr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo. Panglima TNI dan Uskup Agung Jakarta berbincang terkait pengamanan gereja yang dilakukan TNI dan Polri pasca aksi terorisme yang terjadi di Gereja Katedral Makassar dan Mabes Polri Jakarta, beberapa hari yang lalu. TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI (TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI)

Adapun keempat gereja tersebut, yakni Gereja Katedral, Gereja Immanuel, Gereja HKBP Grogol, Gereja Paulus.

"Jadi kita libatkan masing-masing Gereja 155 personel. Nanti ada beberapa pengamanan internal Gereja internal sendiri," ungkapnya.

Yusri menyebut hal ini dilakukan agar bisa mempermudah penjagaan polisi.

"Contohnya Gereja Katedral yang harus terdaftar dulu secara daring, lalu memakai barcode untuk memasuki tempat ibadah," ujarnya.

Penulis: Reza Deni
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas