Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Puasa Ramadhan 2021

Masjid Istiqal Dibuka untuk Tarawih dan Salat Lima waktu, Sahur dan Bukber Ditiadakan

Kabar baik, menyambut Ramadan Masjid Istiqlal dibuka kembali, jemaah dibatasi hanya 2 ribu, tidak gelar buka puasa dan sahur bersama.

Masjid Istiqal Dibuka untuk Tarawih dan Salat Lima waktu, Sahur dan Bukber Ditiadakan
Tribunnews/Herudin
Petugas memasang pembatas dan membersihkan ruang utama di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021). Pengurus Masjid Istiqlal bersama Pemprov DKI Jakarta sepakat membuka kembali Masjid Istiqlal selama bulan Ramadan 1442 H, yang dimulai pada awal Ramadan 13 April 2021 mendatang. Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, meski dibuka, kapasitas jemaah akan dibatasi hanya untuk 2.000 orang atau setara 30 persen dari ruang utama masjid. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyambut bulan suci Ramadan, Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat,  membuka kembali kegiatan ibadah untuk masyarakat umum.

Pembukaan kegiatan ibadah ditandai dengan digelar perdana salat Jumat (9/4) kemarin.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar mengatakan, jemaah dibatasi hanya 2.000 orang atau 30 persen dari kapasitas ruang utama.

"Alhamdulillah, tadi keputusan rapat kita Istiqal sudah mulai dibuka pada bulan suci Ramadan, tetapi masih sangat terbatas. Jadi kita akan buka sampai 2.000 orang atau 30 persen dari ruang utama karena kita tidak pakai koridor," kata Nasaruddin Umar dalam konferensi pers di Masjid Istiqlal, kemarin.

Baca juga: Bambang Pamit Sebagai Menristek, Jokowi Bentuk Kementerian Investasi, Isu Reshuffle Menggema

Selama pandemi Covid-19, Masjid Istiqlal absen menggelar ibadah satu tahun terakhir.

Bersamaan dengan itu, Istiqlal juga melakukan renovasi besar.

Setelah pembangunan renovasi rampung, Masjid Istiqlal kini kembali dibolehkan untuk beribadah masyarakat pada bulan Ramadan.

Keputusan pembukaan ini, kata Nasaruddin, berdasarkan sejumlah simulasi dan berbagai kesiapan antisipasi yang diterapkan pihak Masjid Istiqlal.

Di antaranya jarak antar jemaah diatur dengan gap 2,5 meter, pada tempat wudhu juga disediakan hand sanitizer dan sabun.

Pada area tempat wudhu, pihak Masjid Istiqlal melakukan pengawasan khusus untuk menghindari adanya penumpukan orang.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas