Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Kasus Covid Melonjak, Kapasitas Tempat Tidur di RS Polri Hampir Penuh, Antrean di IGD Menumpuk

Peningkatan kasus Covid-19 di DKI Jakarta membuat kapasitas tempat tidur di sejumlah rumah sakit menipis. Salah satunya di RS Polri

Kasus Covid Melonjak, Kapasitas Tempat Tidur di RS Polri Hampir Penuh, Antrean di IGD Menumpuk
Tribun Jakarta
Peningkatan kasus Covid-19 di DKI Jakarta membuat kapasitas tempat tidur di sejumlah rumah sakit menipis. Salah satunya di RS Polri Kramat jati, Jakarta Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peningkatan kasus Covid-19 di DKI Jakarta membuat kapasitas tempat tidur di sejumlah rumah sakit menipis. Salah satunya di RS Polri Kramat jati, Jakarta Timur.

Bed occupancy rate (BOR) Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur hampir penuh.

Kabid Perawatan Medik dan Perawatan RS Polri Kombes Pol Yayok Witarto mengatakan kapasitas BOR baik di zona merah (khusus covid) maupun zona hijau di RS Polri sudah mencapai 90-95 persen.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Tembus 4.000, Legislator PKS Ajak Masyarakat Perketat Protokol Kesehatan

Pasalnya berdasar data sementara perhari ini, Sabtu (19/6/2021), sebanyak 392 pasien Covid-19 menjalani perawatan di RS Polri.

"Jadi intinya dalam dua minggu ada lonjakan yang sangat signifikan terhadap covid. Jadi untuk kapasitas perawatan kita mulai naik terus dari 100 sampai sekarang 392. Bed kita buka terus, kurang terus tambah lagi dan artinya hampir penuh ya," katanya kepada TribunJakarta.com.

Baca juga: Kemenkes Sebut Yoga Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Terbukti Membantu Pasien Covid-19

Dampaknya, pasien Covid dengan gejala sedang hingga berat yang datang ke RS Polri harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan kamar.

Namun untuk sementara mereka menjalani perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sembari menunggu pasien lainnya diperbolehkan pulang.

"Jadi antrean di IGD itu numpuk. Jadi yang kasus-kasus yang sedang berat mulai banyak lagi di IGD. Termasuk kapasitas ICU sudah mulai penuh. Artinya kalau ada pasien, dia nunggu tempat tidur kosong, pasien yang sudah dirawat dan negatif kita pulangkan, cuma yang masuk itu banyak aja. Yang keluar sama yang masuk, banyakan yang masuk," tandasnya.

RS polri kebanjiran pasien covid 19
RS Polri

Permintaan 

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas