Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Tiga Warga Cililitan Terkonfirmasi Covid-19 Meninggal Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Tiga warga Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur yang terkonfirmasi Covid-19 meninggal saat menjalani isolasi mandiri

Tiga Warga Cililitan Terkonfirmasi Covid-19 Meninggal Saat Isolasi Mandiri di Rumah
nakedsecurity.sophos.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga warga Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur yang terkonfirmasi Covid-19 meninggal saat menjalani isolasi mandiri pada Selasa (29/6/2021).

Lurah Cililitan Agung Budi Santoso mengatakan ketiga warganya meninggal setelah sekitar satu minggu menjalani isolasi mandiri di rumah menunggu ketersediaan ruang rawat inap di RS.

"Ketiganya memiliki komorbid (penyakit penyerta). Sebelum isolasi mandiri sudah mau dirujuk ke RS, tapi karena RS penuh jadi menjalani isolasi di rumah," kata Agung saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Demonstran Kanada Gulingkan Patung Ratu Elizabeth II dan Victoria, Protes Temuan Jenasah  Pribumi

Sejak awal menjalani isolasi mandiri Satgas Covid-19 Kelurahan Cililitan sudah berupaya melakukan penanganan guna mencegah ketiganya mengalami perburukan kondisi.

Nahas penyakit penyerta yang diderita membuat kondisi mereka terus memburuk, sementara ruang rawat inap di RS rujukan pasien Covid-19 masih penuh tidak memungkinkan dirujuk.

Baca juga: Viral Video Warga Rebut Jenazah Covid-19 dari Petugas Pemakaman, Peti Mati Dibongkar Paksa

"Ketiganya tinggal di rumah berbeda. Karena meninggal saat menjalani isolasi mandiri proses pemulasaran jenazah dilakukan di rumah. Proses pemulasaran dilakukan tim Puskesmas," ujarnya.

Agung menuturkan setelah mendapat kabar duka sekira pukul 15.00 WIB pihaknya berkoordinasi dengan Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur meminta bantuan pengantaran peti mati.

Peti mati tersebut diperlukan karena beda dengan jenazah umum, pemakaman pasien terkonfirmasi menggunakan peti mati sesuai protokol pemulasaran jenazah pasien Covid-19 ditetapkan.

"Saya minta bantuan Satpel LH untuk pengambilan peti dari (TPU) Petamburan. Setelah dilakukan pemulasaran di rumah jenazah dimakamkan di TPU Rorotan dan Pondok Ranggon," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul RS Rujukan Penuh, Tiga Warga Cililitan Terkonfirmasi Covid Meninggal Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Editor: Sanusi
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas