Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Kapasitas 660 Bed, Rumah Isolasi Terpusat untuk Pekerja Pabrik Terpapar Covid Didirikan di Bekasi 

Tempat isolasi terpusat ini menyasar penderita Covid-19 dari kalangan karyawan pabrik dan industri dan resmi dioperasikan hari ini, Rabu (28/7/2021).

Kapasitas 660 Bed, Rumah Isolasi Terpusat untuk Pekerja Pabrik Terpapar Covid Didirikan di Bekasi 
dok.
Peresmian tempat isolasi terpusat untuk perawatan pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan di Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021). Fasilitas ini didirikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Polres Metro Bekasi bekerja sama dengan sejumlah perusahaan di kawasan industri di Kabupaten Bekasi. 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Bekasi sampai saat ini masih tinggi. Data menunjukkan, lebih dari 60 persen temuan kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Bekasi terjadi pada karyawan dan pekerja pabrik.

Untuk mencegah penyebaran meluasnya virus ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Polres Metro Bekasi mendirikan tempat isolasi terpusat untuk perawatan pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan di Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

Tempat isolasi terpusat ini menyasar penderita Covid-19 dari kalangan karyawan pabrik dan industri dan resmi dioperasikan hari ini, Rabu (28/7/2021).

Rumah isolasi terpusat ini berada di Kawasan Industri Jababeka, tepatnya di New Beverly Hills, Cikarang, dengan kapasitas total 660 bed untuk 660 pasien, termasuk untuk tenaga kesehatan.

Penyediaan fasilitas di rumah isolasi terpusat ini berasal dari dana CSR sejumlah perusahaan yang beroperasi di kawasan industri di Bekasi.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan dalam peresmian rumah isolasi terpusat ini membenarkan, lebih dari 60 persen temuan kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi berasal dari karyawan dan pekerja pabrik.

Baca juga: Ketua Satgas Penanganan Covid-19: Jangan Ragu Dirawat Di Tempat-Tempat Isolasi Terpusat

Dengan demikian, pendirian pusat isolasi terpusat ini tepat jika didirikan di kawasan industri untuk menampung karyawan yang bekerja di seluruh kawasan industri di Kabupaten Bekasi yang terpapar Covid-19.

Baca juga: Ditanggung Negara, Anggota DPR Yang Terpapar Covid-19 Diberi Fasilitas Hotel untuk Isolasi Mandiri

Kapolres mengatakan, para pengusaha memiliki andil besar agar dapat memutus rantai penyebaran. Pihaknya bersinergi dengan semua pemangku kepentingan, terutama Apindo, diwujudkan melalui pendirian tempat isolasi terpusat ini.

Baca juga: 29.000 Pasien Covid-19 di Jakarta Masih Menjalani Isolasi Mandiri

"Semuanya akan terintegrasi, dan tidak perlu menunggu waktu lama bagi pasien yang terpapar," ujar Kombes Pol Hendra.

Dia mengatakan, saat ini sudah ada gerakan Bekasi Berantas Pandemi (Berani) untuk menurunkan tingkat penularan dengan tiga T, pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment).

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas