Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KLHK: Temuan Kandungan Parasetamol di Teluk Jakarta Tidak Ganggu Kesehatan

KLHK menegaskan temuan kandungan parasetamol di teluk Jakarta aman dan tidak akan mengganggu kesehatan warga.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in KLHK: Temuan Kandungan Parasetamol di Teluk Jakarta Tidak Ganggu Kesehatan
dok. Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan pengambilan sampel air laut untuk mendalami kabar Teluk Jakarta yang diduga tercemar Paracetamol. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menegaskan temuan kandungan parasetamol di teluk Jakarta aman dan tidak akan mengganggu kesehatan warga.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati pada konferensi pers Selasa (5/10/2021).




“Penelitian terhadap parasetamol ini dan kandungan parasetamol yang ditemukan hanya di 2 tempat itu tidak menimbulkan gangguan bagi Kesehatan. Jadi aman,” kata Rosa Vivien.

Berdasarkan analisis peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), kandungan parasetamol tersebut tidak memiliki dampak signifikan kepada kesehatan manusia.

Baca juga: Pemprov DKI Butuh Waktu 2 Pekan Teliti Kandungan Parasetamol di Laut Jakarta

Temuan tersebut juga baru penelitian awal.

Namun, pencemaran akan diantisipasi oleh KLHK melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL).

BERITA TERKAIT

Kelompok kerja KLHK secara khusus akan mengidentifikasi emerging pollutant, terkait penelitian dan bagaimana kebijakan yang dapat mengaturnya.

KLHK mengapresiasi penelitian yang dilakukan oleh BRIN tersebut, kendati penelitian tersebut merupakan penelitian awal.

“Parasetamol ini adalah emerging pollution. Jadi WHO (Badan kesehatan dunia) saja baku mutunya belum ada. Ternyata berdasarkan penyampaian para peneliti tadi, ini kecil. Jadi sangat kemungkinan kecil untuk mengganggu Kesehatan,” tegasnya.

Prof. Dr. Zainal Arifin, Peneliti Oseanografi BRIN mengatakan pihaknya belum memiliki data persentase kandungan parasetamol yang ditemukan di teluk Jakarta.

Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui long term exposure atau keterpaparan jangka panjang terhadap biota laut.

“Kita tidak tau ini terkontaminasi atau tidak, perlu penelitian lebih lanjut,” kata Zainal.

“Parasetamol sifatnya cepat larut, tapi memang populasi ke biota lautnya jika konsentrasi itu ada sepanjang waktu,” lanjutnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas