Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nasib 185 Ribu Dosis Vaksin Kota Bekasi yang Hampir Kedaluwarsa 

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memastikan seluruh stok vaksin hampir kedaluwarsa itu sudah dikirim ke sejumlah daerah di Jawa Barat

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Nasib 185 Ribu Dosis Vaksin Kota Bekasi yang Hampir Kedaluwarsa 
The Jakarta Post
Ilustrasi Vaksin Covid-19 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Sebanyak 185 ribu dosis stok vaksin milik Kota Bekasi hampir kadaluwarsa.

Lantas bagaimana nasibnya kini ?

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memastikan seluruh stok vaksin hampir kedaluwarsa itu sudah dikirim ke sejumlah daerah di Jawa Barat (Jabar).

"Untuk vaksin yang mau expired kami sudah kasih atas perintah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa barat, artinya supaya bisa segera dipake di tempat lain," kata Rahmat, Jumat (15/10/2021).

Baca juga: Wagub DKI Enggan Campuri Kasus Rachel Vennya Kabur Karantina, Kodam Jaya dan Polda Metro Koordinasi

Dia menjelaskan, sejumlah daerah yang menerima stok vaksin hampir kedaluwarsa tersebut di antaranya, Kabupaten Subang, Majalengka, Cianjur, Garut dan Sukabumi.

"Sudah jalan, ke Subang, Majalengka, Cianjur, Garut, Sukabumi Kabupaten," paparnya.

Sebelumnya diberitakan ratusan ribu stok vaksin di Kota Bekasi hampir mendekati tanggal kedaluwarsa, Wali Kota Bekasi berencana memberikan ke daerah lain di Provinsi Jawa Barat.

BERITA TERKAIT

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, rencana memberikan stok vaksin dilakukan agar daerah yang membutuhkan dapat mepercepat program vaksinasi Covid-19.

Dia menjelaskan, stok vaksin yang sudah mendekati kedaluwarsa bukan berarti tidak bisa digunakan.

Sebab, masa laik pakai bisa hingga Oktober atau November 2021 ini.

"Yang butuh yang merasa kesulitan, misalnya yang sudah mau expired November atau Oktober kita mau limpahkan," ucap Rahmat.

Baca juga: Gubernur Ridwan Kamil Bakal Berkantor di Kabupaten Bekasi, Ada Apa ?

Stok vaksin di Kota Bekasi lanjut dia cukup berlimpah, terakhir pihaknya mendapat alokasi sebanyak 700 ribu dosis untuk mengejar target capaian vaksin.

Namun, hingga memasuki awal Oktober 2021 ini, stok vaksin masih cukup banyak sedangkan minat warga untuk vaksin mulai menurun.

"Kan kita vaksinnya banyak nih, kita dapet terus sementara yang kita cari sudah susah sekarang, sudah door to door," jelas dia.

Baca juga: Viral, Kawal Ambulans Bawa Pasien Hendak Operasi, Relawan Diludahi Pengendara Motor di Cikarang 

Untuk jenis vaksin yang mendekati kedaluwarsa, terdiri dari berbagai jenis dengan jumlah kurang lebih mencapai 185 ribu dosis.

"Hampir 185 ribu (mau kedaluwarsa), kurang lebih. Jenisnya ada beberapa ada Sinovac, Pfizer, AstraZeneca maupun Moderna," papar Rahmat.

Vaksin yang mendekati kedaluwarsa ini lanjut dia, tetap dapat digunakan, daerah yang menerima nantinya harus segera menyuntikan sebelum masa berlaku berakhir.

"Pasti banyak (yang mau menerima vaksin), ya kan harus dikejar (segera disuntik) kan kadaluwarsa tidak kayak rumah makan padang, besok nggak dimakan basi, kalo vaksin kan enggak gitu," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul 185 Ribu Dosis Vaksin Hampir Kedaluwarsa dari Kota Bekasi Sudah Dikirim ke Sejumlah Daerah di Jabar

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas