Tribun

Gaungkan Optimisme Bangkit dari Pandemi Covid-19, Puluhan Seniman Gelar Pameran Lukisan

Pameran Bersama Pelukis Indonesia 2021 bertajuk “Membaca Dunia” atau “Read the World” resmi dibuka sejak Selasa (23/11/2021) di Balai Budaya, Jakarta.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Endra Kurniawan
Gaungkan Optimisme Bangkit dari Pandemi Covid-19, Puluhan Seniman Gelar Pameran Lukisan
Tribunnews.com/Wahyu Aji
Pembukaan Pameran Bersama Pelukis Indonesia 2021 bertajuk “Membaca Dunia” atau “Read the World” resmi dibuka sejak Selasa (23/11/2021) di Balai Budaya, Jalan Gereja Theresia 47, Menteng, Jakarta Pusat. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pameran Bersama Pelukis Indonesia 2021 bertajuk “Membaca Dunia” atau “Read the World” resmi dibuka sejak Selasa (23/11/2021) di Balai Budaya, Jalan Gereja Theresia 47, Menteng, Jakarta Pusat.

Lukisan karya 15 pelukis yaitu, Sri Warso Wahono, Syahnagra Ismaill, Ade Artie, Ary Okta, Bibiana Lie, Ida Ahmad, Indah Arsyad, Irtiana, Kanna, Katarina Ardhani, Nasya, Nicky Soewardi, Nadia St Iskandar, Semut Prasidha dan Winarti akan dipamerkan hingga Senin (29/11/2021).

Ketua Dewantara Center, Syahnagra Ismaill menjelaskan bahwa tajuk “Membaca Dunia” atau “Read the World” pada pameran bersama kali ini, terinspirasi dari rasa optimisme para pelukis dalam melihat perkembangan dunia.

Terutama di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik IEMS di Serpong Resmi Dibuka

"Pameran lukisan yang juga diprakarsai dalam rangka memperingati berdirinya Dewantara Center yang ke-7 ini memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat bahwa kebudayaan dan kesenian merupakan kekuatan dalam membangun persahabatan antarbangsa," kata Syahnagra dalam keterangan yang diterima, Rabu (24/11/2021).

"Persahabatan antarbangsa menjadi sangat penting saat pandemi seperti sekarang ini dan kebudayaan, juga kesenian menjadi kekuatan membangun persahabatan itu yang penting untuk kita pahami,” ujar Syahnagra.

Kurator sekaligus kritikus seni, Iwan Jaconiah menyatakan bahwa pameran ini merupakan gerakan bersama seniman Indonesia menggaungkan optimisme menyambut dunia pascapandemi Covid-19.

"Tentu saja pameran ini menjadi momen para seniman menyambut masa pascapandemi. Selain itu, bagaimana para pelukis membaca fenomena global untuk beradaptasi dengan pelbagai informasi yang bertebaran baik di dunia maya maupun dunia nyata," katanya.

Baca juga: Ikut Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2021, MMKSI Pamer Minicab MiEV dan Outlander PHEV

Melalui karya-karya lukis ini, yang sebagian besar diciptakan dalam kurun waktu dua tahun terakhir, pengunjung dapat membaca bahwa keterbatasan ruang waktu di masa pandemi justru memberi energi bagi para seniman untuk giat mencipta.

Bagi penikmat karya seni, tentu saja pameran ini menjadi momen yang membahagiakan.

Setelah dua tahun lamanya jiwa-jiwa terasa kering akibat kurangnya asupan seni khususnya seni lukis, kini bisa dinikmati secara langsung.

Pameran lukisan “Membaca Dunia” atau “Read the World” menanti Anda, para penikmat seni lukis untuk menyerap energi dan optimisme menghadapi masa-masa pascapandemi dengan sukacita di Balai Budaya Jakarta.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas