Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polda Metro Akan Realisasikan Balapan Motor di Jakarta, Ini Lokasi Sirkuitnya

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran akan menggelar balap resmi bagi pembalap liar yang selama ini kerap memacu kuda besi di jalanan ibu kota.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Polda Metro Akan Realisasikan Balapan Motor di Jakarta, Ini Lokasi Sirkuitnya
Dok. Polsek Cilandak via Kompas.com
Aksi balap liar di Jalan Pangeran Antasari, Cipete Selatan Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (17/12/2020) jelang subuh dibubarkan anggota Polsek Cilandak. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar gembira bagi pencinta balap jalanan di Jakarta.

Tak lama lagi, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran akan menggelar balap resmi bagi pembalap liar yang selama ini kerap memacu kuda besi di jalanan ibu kota.

Ajang grand prix itu akan digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara yang diperuntukkan bagi komunitas motor dan penyuka balap jalanan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, ajang ini bisa dimanfaatkan pelaku balap liar untuk menunjukkan bakat dan potensinya dalam olahraga yang memacu adrenalin ini.

"Mudah-mudahan niat baik kita untuk mereka yang mempunyai potensi jadi pembalap bisa tersalurkan," ungkap Fadil usai bertemu perwakilan dari Ikatan Motor Indonesia dan Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Senin (20/12/2021).

Fadil juga berharap, selain hobi pembalap itu tertampung, pagelaran balapan ini bisa meningkatkan kunjungan masyarakat ke lokasi wisata yang berada di pesisir Jakarta itu.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran usai bertemu dengan Ketua Ikatan Motor Indonesia, Dirut PT Taman Impian Jaya Ancol, dan Mantan Pembalap Ananda Mikola di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/12/2021)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran usai bertemu dengan Ketua Ikatan Motor Indonesia, Dirut PT Taman Impian Jaya Ancol, dan Mantan Pembalap Ananda Mikola di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/12/2021) (Humas Polda Metro Jaya)

"Dengan adanya ini saya berharap mereka (pembalap liar) bisa datang ke Ancol," tambahnya.

Baca juga: Polisi Berencana Fasilitasi Pembalap Liar, Kapolda Metro Jaya: Ini Bukan Jebakan

BERITA TERKAIT

Hal senada juga diungkapkan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo. Ketua MPR itu sangat mendukung langkah yang diambil oleh Kapolda Metro Jaya untuk mewadahi hobi balapan bagi anak muda.

"Hari ini kami dari IMI dan Polda Metro turut mengundang Dirut Ancol untuk sama-sama menemukan tempat untuk menampung ajanh balapan ini. Akhirnya kami sepakat untuk menggelar event ini di Ancol sebagai tempat yang bisa dijadikan untuk menyalurkan hobi balapnya," kata Bambang.

Bambang menambahkan, ajang balap resmi bagi pembalap liar ini rencananya akan dimulai pada 15 Januari 2022. Ada beberapa kategori jenis balapan yang bakal digelar di antaranya road race dan drag race.

"Mudah-mudahanan dengan berbagai kegiatan ini pada 2022. Hal bisa mengurangi aksi balapan yang mengganggu masyarakat dan berpotensi mengganggu keselamatan orang lain. Karena sudah disiapkan tempatnya di Ancol, maka akan menjadi ajang Road Race dan Drag Race yang difasilitasi Polda Metro Jaya," imbuh Bambang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas