Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PMI dan Bank DKI Luncurkan Kartu Donor Darah Digital, Wagub: Semua Harus Hadir Sesuai Tuntutan Zaman

Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta bersama Bank DKI bekerja sama meluncurkan Kartu Donor Darah berbasis JakCard.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in PMI dan Bank DKI Luncurkan Kartu Donor Darah Digital, Wagub: Semua Harus Hadir Sesuai Tuntutan Zaman
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta bersama Bank DKI bekerja sama meluncurkan Kartu Donor Darah berbasis JakCard 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta bersama Bank DKI bekerja sama meluncurkan Kartu Donor Darah berbasis JakCard untuk dukungan digitalisasi pelayanan dan demi memudahkan masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan di era digital seperti sekarang, sudah semestinya berbagai pihak menghadirkan hal yang sesuai tuntutan zaman.

Kehadiran sistem digital layanan donor darah diharapkan dapat kian memudahkan masyarakat.

"Ini memang zamannya era digital. Sangatlah pas dan mendesak untuk kita semua bisa hadir sesuai dengan tuntutan zaman kita saat ini," kata Riza dalam keterangannya, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Tim Relawan Jurnalis Jakarta Begerak Untuk Semeru PWI Jaya Telah Salurkan Bantuan

Sekaligus, mampu menggalang pendonor lebih masif sehingga PMI tak kekurangan stok darah.

"Kita berharap dengan hadirnya sistem digital ini, semakin memudahkan para pendonor untuk mendonorkan darahnya. Penggalangan pendonor bisa lebih masif, sehingga PMI tidak kekurangan stok darah," ucapnya.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menjelaskan lewat Kartu Donor Darah ini, pendonor dapat beragam kemudahan seperti bisa digunakan sebagai kartu identitas pendonor yang berisi data diri, golongan darah, dan jumlah donor yang telah dilakukan.

Pemegang kartu juga dimudahkan saat registrasi pendonoran darah. Pendonor juga punya akses melakukan donor darah di 5 wilayah kota administrasi DKI.

"Melalui kartu Donor Darah Berbasis JakCard, pendonor mendapat beragam kemudahan, antara lain Kartu Donor Darah dapat digunakan sebagai kartu identitas pendonor yang berisi data diri, golongan darah dan jumlah donor darah yang telah dilakukan," kata Herry.

Baca juga: Warga DKI Diminta Waspada Cuaca Ekstrem pada 23-24 Desember 2021 

Sebagai informasi, JakCard merupakan kartu prabayar yang diterbitkan Bank DKI dan telah digunakan secara luas sebagai e-ticket. Misalnya penggunaan untuk moda transportasi publik, Transjakarta, Mikro Trans, angkot JakLingko, MRT Jakarta, LRT, dan kereta bandara.

JakCard pun juga jadi alat pembayaran utama di kawasan wisata milik Pemprov DKI. Seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Planetarium, Ancol dan berbagai museum di ibu kota.

Adapun selain Kartu Donor Darah berbasis JakCard, Bank DKI juga mendukung sistem pembayaran non-tunai bagi masyarakat yang mau berdonasi ke PMI melalui scan to pay pada aplikasi JakOne Mobile atau aplikasi lain yang tergabung dengan QRIS.

"Pembayaran donasi masyarakat ke PMI DKI Jakarta juga dapat dibayar melalui menu transfer pada JakOne Mobile," terang Herry.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas