Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aksi Beli Takjil Dengan Cara Mancing Dari Atas Jalan Tol Jakarta Timur Viral, Penjual Ungkap Kodenya

Terungkap fakta video viral yang menunjukkan petugas gerbang tol membeli takjil dengan cara memancing dari atas jalan tol.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Aksi Beli Takjil Dengan Cara Mancing Dari Atas Jalan Tol Jakarta Timur Viral, Penjual Ungkap Kodenya
Istimewa/ Tribunjakarta.com
Sebuah video petugas Gerbang Tol Pisangan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur membeli takjil dengan cara memancing dari atas Tol Wiyoto Wiyono, Jakarta Timur, viral di media sosial. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terungkap fakta video viral yang menunjukkan petugas gerbang tol membeli takjil dengan cara memancing dari atas jalan tol.

Diketahui pria yang membeli takjil tersebut merupakan petugas Gerbang Tol Pisangan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Ia membeli takjil dari atas Tol Wiyoto Wiyono, Jakarta Timur.

Dalam video berdurasi 19 detik beredar tampak seorang petugas jaga gerbang tol membeli takjil kepada pedagang di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara dengan cara menggunakan tali tambang.

Tali tambang yang dikaitkan dengan goodie bag sebagai wadah belanja diturunkan secara perlahan menggunakan tali dari atas gerbang tol hingga akhirnya diterima pedagang.

Di dalam goodie tersebut sudah diletakkan uang untuk membayar pesanan.

Baca juga: Anak Belajar Puasa Perhatikan Asupan Gizinya, Saran Dokter Tak Perlu Banyak Takjil

Sehingga pedagang cukup mengambil uang dan memasukkan menu pesanan untuk selanjutnya ditarik petugas tol.

BERITA TERKAIT

Dalam narasi video viral di media sosial itu tercantum 'Beli Takjil In The Sky' dengan alur pemesanan 'turunkan alat pancing berumpankan uang tunai, targetkan menu santapan'.

Lokasi video viral petugas tol beli takjil dengan cara memancing di Gerbang Tol Pisangan
Lokasi video viral petugas tol beli takjil dengan cara memancing di Gerbang Tol Pisangan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (14/4/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Saputra, pedagang es kelapa yang dagangannya kerap dibeli petugas Gerbang Tol Pisangan dengan cara 'pancing' mengatakan metode ini bermula saat awal Ramadan 1443 Hijriah.

"Waktu itu pas mereka (petugas tol) mau berangkat kerja mereka mampir minta nomor handphone saya," kata Saputra di Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (14/4/2022).

Baca juga: 38 Warga Dusun Puntuk Ringin Karanganyar yang Keracunan Takjil Masih Dirawat di Puskesmas dan RSUD

Setelah bertukar nomor handphone itu petugas Gerbang Tol Pisangan dan Saputra mengatur cara pembelian dengan kode 'Mancing Mas' lewat pesan aplikasi WhatsApp.

Para petugas Gerbang Tol Pisangan menggunakan cara mancing ini karena di area Tol Wiyoto Wiyono tidak mungkin ada pedagang yang melintas, dan mereka kesulitan untuk membeli takjil.

"Bapak-bapak penjaga pintu tol beli untuk buka puasa. Pesan es kelapa, dan mereka juga minta tolong saya belikan gorenga. Sekitar 15 menit menjelang buka mereka WA dengan kata mancing mas," ujarnya.

Saputra mengungkan, sejak awal Ramadan 1443 Hijriah hingga kini nyaris setiap hari para petugas Gerbang Tol Pisangan membeli takjil dengan cara memancing dari atas Tol Wiyoto Wiyono.

Baca juga: BPOM Temukan Olahan Takjil Mengandung Formalin Hingga Boraks di Sejumlah Daerah

Namun dia tidak menyangka aksi membeli takjil bakal viral dan mendapat beragam tanggapan dari pengguna media sosial, alasannya karena cara ini erat digunakan dalam berbagai kasus.

"Mungkin mereka bingung juga karena di atas jalan tol mau buka pakai apa. Akses turun enggak ada. Saya sendiri bingung mereka naik ke atas bagaimana. Apa ada antar jemput atau gimana," tuturnya.

Penulis: Bima Putra

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Terungkap di Balik Viral Beli Takjil dengan Cara Mancing dari Atas Jalan Tol di Jakarta Timur

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas