Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cegah Kelompok Pendompleng Aksi Buruh, Polisi Pantau Pergerakan Massa Hingga Kawasan Aglomerasi

Aksi penyampaian pendapat di muka umum bakal digelar Sabtu (21/5/2022) siang oleh sejumlah elemen buruh dan mahasiswa, di kawasan Patung Kuda dan DPR

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Cegah Kelompok Pendompleng Aksi Buruh, Polisi Pantau Pergerakan Massa Hingga Kawasan Aglomerasi
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Sejumlah petani kelapa sawit menggelar aksi unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2022).Cegah Kelompok Pendompleng Aksi Buruh, Polisi Pantau Pergerakan Massa Hingga Kawasan Aglomerasi 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Aksi penyampaian pendapat di muka umum bakal digelar Sabtu (21/5/2022) siang oleh sejumlah elemen buruh dan mahasiswa, di kawasan Patung Kuda dan DPR RI, Jakarta Pusat.

Aksi ini juga dalam rangka peringatan 24 tahun reformasi yang dianggap gagal.

Baca juga: Jelang Demo 21 Mei, Kawat Berduri Mulai Dipasang di Depan Gerbang DPR RI

Baca juga: Massa Demo Buruh-Mahasiswa Gelar Aksi di DPR dan Patung Kuda, Rekayasa Lalu Lintas Situasional

Dalam upaya mencegah terjadinya kericuhan seperti yang terjadi pada demonstrasi sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menyebut sudah menyiapkan langkah preventif.

Salah satunya menggelar pasukan terbuka dan tertutup untuk memantau pergerakan massa di wilayah - wilayah Jakarta dan sekitarnya yang diduga akan menuju kawasan Patung Kuda, dan depan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat.

"Saat ini kita telah menggelar personel baik terbuka maupun tertutup untuk memantau. Kita telah berkoordinasi dengan Polres - Polres sekitar, Polres Jakarta Barat, utara, timur, selatan termasuk di wilayah aglomerasi Tangerang dan sebagainya untuk melakukan pemantauan pengawasan," kata Komarudin kepada wartawan, Sabtu.

Pemantauan dini pergerakan massa dilakukan kepolisian dengan harapan dapat mengantisipasi kelompok - kelompok yang berniat mendompleng atau memanfaatkan kerumunan aksi unjuk rasa elemen buruh untuk membuat kericuhan.

BERITA REKOMENDASI

"Sehingga kita mengantisipasi kelompok kelompok yang memang mereka akan mendompleng akan memanfaatkan kerumunan utk membuat trigger ini yang kita antisipasi," ujarnya.

Adapun pihak kepolisian dalam aksi demonstrasi hari ini menyiagakan 5.750 personel gabungan. Personel tersebut disebar ke dua titik lokasi aksi unjuk rasa yakni kawasan Gedung MPR/DPR dan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas