Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pria Tua Tertangkap Kamera CCTV Curi 3 Alquran di Musala Lubang Buaya

Pelaku yang secara perawakan berusia di atas 50 tahun hanya butuh waktu lima menit untuk mencuri tiga Alquran pemberian jemaah.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Pria Tua Tertangkap Kamera CCTV Curi 3 Alquran di Musala Lubang Buaya
IST
ilustrasi maling. Aksi pencurian Alquran terjadi di Musala Darussalam, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (23/6/2022). Berdasar rekaman CCTV menyorot kejadian, pelaku tampak mengenakan jaket, kemeja warna putih, celana panjang warna hitam dan membawa tas ransel. 

TRIBUNNEWS.COM. JAKARTA - Aksi pencurian Alquran terjadi di Musala Darussalam, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (23/6/2022).

Berdasar rekaman CCTV menyorot kejadian, pelaku pencurian Alquran tampak mengenakan jaket, kemeja warna putih, celana panjang warna hitam dan membawa tas ransel.

Marbot Musala Darussalam, M. Iqro (49) mengatakan tiga Alquran berukuran besar yang ditempatkan pada etalase bagian dalam musala dicuri pelaku, seorang pria tua.




"Kejadiannya itu pukul 14.43 WIB. Pelaku satu orang, dia datang naik sepeda lipat. Waktu itu musala tidak terkunci, karena siang," kata Iqro di Jakarta Timur, Jumat (24/6/2022).

Setelah masuk musala, pelaku sempat mengeluarkan seluruh isi tas ransel yang dibawa di bagian sudut belakang lalu menuju rak etalase Alquran berada.

Pelaku memanfaatkan kondisi Musholla Darussalam yang sedang sepi karena jemaah yang sebelumnya menunaikan ibadah salat zuhur sudah pulang.

Etalase rak Alquran memang tidak dikunci karena untuk memudahkan jemaah membaca Alquran, hanya pintu gudang dan ruang sound system dikunci.

BERITA TERKAIT

"Etalase tempat Alquran itu di dekat tempat Imam. Yang diambil tiga Alquran ukuran jumbo, itu masih baru karena jarang dibuka," ujarnya.

Iqro menuturkan pelaku memasukkan tiga Alquran berukuran besar tersebut ke dalam tas ransel yang dibawa lalu bergegas meninggalkan musala.

Pelaku yang secara perawakan berusia sekitar di atas 50 tahun hanya butuh waktu sekitar lima menit untuk mencuri tiga Alquran pemberian jemaah.

"Itu Alquran sumbangan jemaah. Mungkin harga Alquran yang ukuran standar sekitar Rp100 ribu, tapi karena jumbo mungkin lebih (harganya)," tuturnya.

Baca juga: Sudah Tuntun PCX Sejauh 2 KM, Maling Berpeci dan Bersarung di Semarang Tetap Gagal Gasak Motor 

Iqro mengatakan berdasar rekaman CCTV kejadian, dia dan pengurus Musholla Darussalam tidak mengenali wajah pelaku pencurian Alquran.

Namun dia menduga pelaku sebelumnya sudah pernah datang ke Musholla Darussalam untuk memantau kondisi agar aksinya berjalan mulus.

"Karena dia sudah membaca, tahu apa yang mau diambil. Kalau belum tahu apa yang mau diambil kenapa dia bongkar muatan (tas ransel) dulu kan," lanjut Iqro.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Terekam CCTV, Pria Tua Curi 3 Alquran dari Musala Darussalam Lubang Buaya

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas