Tribun

Ulang Tahun Jakarta

10 Ide Rayakan Hajatan Jakarta Ke-495: Nomor 3 Paling Banyak Dilakukan Milenial

beberapa ide berwisata di Jakarta, termasuk staycation, yang bisa dilakukan untuk merayakan kemeriahan ulang tahun Kota Jakarta.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in 10 Ide Rayakan Hajatan Jakarta Ke-495: Nomor 3 Paling Banyak Dilakukan Milenial
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pekerja menyelesaikan pembuatan ornamen menyambut HUT ke-495 DKI Jakarta di Bundaran HI, Jakarta, Senin (20/6/2022). HUT ke-495 DKI Jakarta yang bertajuk Jakarta Hajatan tersebut mengangkat tema Kolaborasi, Akselerasi dan Elevasi. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kota Jakarta pekan ini merayakan ulang tahun yang ke-495 tahun yang jatuh pada 22 Juni 2022 kemarin.

Sebagai ibukota negara, DKI Jakarta kini bersolek dan tampil makin cantik dengan penataan moda transportasi, kawasan pedestrian, ruang publik, taman kota hingga berbagai landmark kotanya.

Statusnya sebagai pusat pemerintahan, bisnis, dan ekonomi, membuat Jakarta selalu memiliki daya tarik yang seakan tidak pernah habis karena selalu ada yang baru di kota ini, baik dari sisi tempat wisata maupun atraksi yang ditawarkan.

Sebagai wisatawan kita bisa melakukan berbagai hal, dari wisata belanja, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata budaya, mencari spot-spot cantik untuk diunggah ke media sosial, hingga yang akhir-akhir ini menjadi tren perjalanan masa kini yaitu, staycation.

Pekerja menyelesaikan pembuatan ornamen menyambut HUT ke-495 DKI Jakarta di Bundaran HI, Jakarta, Senin (20/6/2022). HUT ke-495 DKI Jakarta yang bertajuk Jakarta Hajatan tersebut mengangkat tema Kolaborasi, Akselerasi dan Elevasi. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pekerja menyelesaikan pembuatan ornamen menyambut HUT ke-495 DKI Jakarta di Bundaran HI, Jakarta, Senin (20/6/2022). HUT ke-495 DKI Jakarta yang bertajuk Jakarta Hajatan tersebut mengangkat tema Kolaborasi, Akselerasi dan Elevasi. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Mengutip data dari lifestyle superapp Traveloka, Jakarta menjadi salah satu kota dengan peminat staycation paling banyak dan tren ini secara konsisten mengalami perkembangan yang tercermin dari adanya peningkatan pemesanan hingga 30 persen bahkan setelah libur Lebaran 2022.

Baca juga: HUT Jakarta ke-495 Diperingati Tanggal 22 Juni 2022, Ini Kumpulan Twibbon Hari Ulang Tahun Jakarta

Aplikasi akomodasi perjalanan ini juga mencatat bahwa tren staycation konsumen tergolong tinggi pada akhir pekan yang dijalani bersama keluarga atau sekelompok teman. Pilihan hotel yang paling diminati adalah yang memiliki sejumlah fasilitas ramah anak, misalnya kolam renang anak, kids club, dan playground (taman bermain).

Berikut beberapa ide berwisata di Jakarta, termasuk staycation, yang bisa dilakukan untuk merayakan kemeriahan ulang tahun Kota Jakarta.

1. Olahraga di taman kota

Di Jakarta terdapat banyak ruang publik yang bisa digunakan untuk berolahraga. Misalnya, Sumenep Promenade dan Taman Suropati di Jakarta Pusat, Taman Ria Rio di Jakarta Timur, Taman Langsat di Jakarta Selatan, Taman Hutan Kota Penjaringan di Jakarta Utara, dan Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat.

2. Sarapan dengan menu khas Jakarta

Ada sejumlah pilihan menu sarapan di Jakarta yang bisa dipilih untuk disantap di pagi hari seperti bubur. Menurut data Traveloka Eats Delivery, bubur menjadi salah satu pilihan menu sarapan penduduk Jakarta dengan waktu pemesanan biasanya pukul 07.00 – 09.00 pagi.

3. Berfoto dengan latar landmark ibu kota

Berdasar pengamatan, ini adalah yang paling banyak dilakukan milenial saat menikmati keindahan Jakarta. Tidak perlu menunggu hari libur, pada hari biasa pun mudah menemukan milenial yang berswafoto atau foto ramai-ramai dengan temannya dengan latar belakang landmark kota Jakarta.

Pilihan landmark tersebut antara lain kawasan pedestrian sepanjang Jalan Sudirman dan MH Thamrin, kawasan hutan kota di Gelora Bung Karno, kawasan Kota Tua, Monumen Nasional atau Monas, Patung Selamat Datang serta Bundaran HI, dan Taman Tebet Eco Park.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas