Tribun

Komika Soleh Solihun Curhat Diminta Uang Saat Cek Fisik Kendaraan di Polda Metro Jaya, Ini Ceritanya

Seorang komika, Soleh Solihun menceritakan pengalamannya saat membayar pajak kendaraannya di Samsat Jakarta Selatan atau Polda Metro Jaya.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Komika Soleh Solihun Curhat Diminta Uang Saat Cek Fisik Kendaraan di Polda Metro Jaya, Ini Ceritanya
TRIBUNNEWS.COM/WAHYU FIRMANSYAH
Komika Soleh Solihun menceritakan pengalamannya saat membayar pajak kendaraannya di Samsat Jakarta Selatan atau Polda Metro Jaya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seorang komika, Soleh Solihun menceritakan pengalamannya saat membayar pajak kendaraannya di Samsat Jakarta Selatan atau Polda Metro Jaya.

Soleh awalnya bercerita datang ke Samsat untuk memperpanjang pajak 5 tahunan sekira pukul 08.00 WIB.

Saat itu, Soleh langsung ke lokasi cek fisik kendaraan yang berada di bagian belakang Samsat.

Di sana, dia mengaku dimintai uang sebesar Rp 30 ribu.

"Perpanjang STNK 5 tahunan. Pukul 08.00 WIB sampai Samsat di Polda Metro, langsung cek fisik. bayar Rp 30 ribu. Setelah cek fisik, motor diparkir, saya tunggu di ruang ini. Pukul 08.13 WIB berkas diterima. lanjut lantai 4," kata Soleh dalam cuitannya di akun @solehsolihun seperti dikutip, Selasa (27/9/2022).

Selanjutnya, Soleh naik turun tangga gedung untuk mengurus berkas kendaraannya tersebut.

Setelah membayar pajak melalui debit, akhirnya nomor polisi kendarannya yang telah diperpanjang akhirnya selesai sekira pukul 09.15 WIB.

Baca juga: Koper Warna Biru Misterius Tergeletak di Depan Polda Metro Jaya

Ternyata, Soleh baru sadar uang yang ia bayarkan saat cek fisik itu merukapan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum pegawai Samsat.

Hal ini diketahui ketika Kanit Samsat Jakarta Selatan, AKP Mulyono langsung menghubungi Soleh jika uang yang diberikan itu adalah pungli.

"Perkara 30 ribu cek fisik, ternyata ulah oknum. Barusan AKP Mulyono Kanit Samsat Jakarta Selatan menghadap saya dan meminta maaf atas ulah oknum (di sebelah saya) dan mengatakan si oknum akan diberi hukuman. Pak Mulyono sekali lagi memastikan cek fisik gratis!," katanya.

Soleh juga mengimbau untuk seluruh masyarakat agar lebih hati-hati saat mengurus pajak kendaraannya.

Baca juga: Kasus Naik Penyidikan, Polda Metro Bidik Tersangka dalam Kasus ABG Disekap di Apartemen

"Semoga itikad baik pak Mulyono buat membersihkan pungli dari samsat bisa terus terlaksana. saya tadi kasih saran: pasang pengumuman di tempat cek fisik yang bertuliskan: "CEK FISIK, GRATIS." lanjutnya.

Hingga berita ini dimuat, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman hanya membaca pesan singkat Tribunnews.com dan memilih tidak menjawab soal adanya dugaan pungli di Samsat Jakarta Selatan tersebut.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas