Tribun

Benda yang Meledak di Cilincing Bukan Granat, Kapolres Metro Jakarta Utara: Itu Flashbang

Polisi memastikan benda yang meledak hingga melukai warga Cilincing, Jakarta Utara yang ditemukan di dekat latihan anggota Brimob berinisial R bukan

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Benda yang Meledak di Cilincing Bukan Granat, Kapolres Metro Jakarta Utara: Itu Flashbang
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
kolase foto Granat kejut yang meledak di gang sempit permukiman Jalan Tipar Timur, RT 08 RW 04 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (28/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi memastikan benda yang meledak hingga melukai seorang warga Cilincing, Jakarta Utara yang ditemukan di dekat latihan anggota Brimob berinisial R bukan granat.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Wibowo menyebut benda tersebut sudah terkonfirmasi adalah granat kejut atau flashbang.

"Bukan (granat). Sudah terkonfirmasi itu flashbang," kata Wibowo saat dihubungi, Kamis (29/9/2022).

Wibowo menyebut benda tersebut adalah properti atau alat yang sering digunakan oleh personel dari Satuan Brimob.

"Jadi memang ada latihan dari kawan-kawan Brimob terkait penanganan terorisme yang dilakukan sejak Senin hingga Rabu di KBN Cilincing," tuturnya.

Menurut Wibowo, personel Brimob memang tengah menggelar latihan di sebuah tempat yang berlokasi tak jauh dari lokasi ledakan.

Latihan itu, kata dia, juga telah mendapatkan izin.

Selesai latihan, lanjutnya, personel Brimob melakukan sterilisasi untuk memastikan tak ada perlengkapan yang tertinggal.

Namun, ternyata ada satu benda yang tertinggal dan diambil oleh korban.

"Karena ketidaktahuan dianggap ini sebagai barang sudah bekas pakai, karena korban yang ambil itu pedagang rongsokan mau dijual juga, diotak-atik tapi malah (meledak)," ujarnya.

Baca juga: Benda Diduga Granat Meledak di Jakarta Utara, Polisi: Ditemukan Warga dari Tempat Latihan Brimob

Sebelumnya, penghuni kontrakan di lokasi, Rahmat (19) mengatakan meledaknya granat kejut ini terjadi saat dirinya baru saja keluar rumah pagi tadi sambil membawa benda tersebut.

"Pelatuknya lepas sendiri, langsung meledak," kata Rahmat di lokasi.

Granat kejut tersebut sebelumnya ditemukan Rahmat pada Selasa (27/9/2022) kemarin ketika dirinya baru saja pulang kerja.

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas