Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendagri: Masalah Jakarta Sangat Kompleks, Tapi Anies Bisa Selesaikan dalam Keadaan Husnul Khatimah

Tito Karnavian menilai Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria berhasil menyelesaikan sejumlah pekerjaan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Penulis: Reza Deni
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Mendagri: Masalah Jakarta Sangat Kompleks, Tapi Anies Bisa Selesaikan dalam Keadaan Husnul Khatimah
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beserta istri, Fery Farhati Ganis dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria beserta istri, Ellisa Sumarlin melambaikan tangan ke arah warga dalam acara perpisahan di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2022). Pemprov DKI Jakarta bersama relawan menggelar acara perpisahan untuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yang masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober 2022. Tito Karnavian menilai Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria berhasil menyelesaikan sejumlah pekerjaan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. TRIBUNNEWS/JEPRIMA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menilai Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria berhasil menyelesaikan sejumlah pekerjaan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Tito Karnavian menyebut permasalahan di Jakarta memang tidak ringan

"Sangat kompleks sekali, tapi bapak (Anies) alhamdulillah bisa menyelesaikannya insyaallah dalam keadaan Husnul khatimah," kata Tito Karnavian di Gedung Sasana Bakti Praja, Kemendagri, Jakarta, Senin (17/10/2022).




"Demikian juga bapak Riza sebagai pengganti yang sebelumnya Pak Sandiaga Uno terima kasih banyak atas dedikasi bapak kepada masyarakat Jakarta, bangsa dan negara," lanjut Tito Karnavian.

Tito Karnavian pun  memberikan apresiasi kepada keduanya.

"Dan insyaallah semua akan dapat jalani dan mendapatkan pahala berlimpah dari Allah SWT," tandas dia.

Sebelumnya, Heru Budi Hartono resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta, menggantikan Anies Baswedan yang telah habis masa jabatannya.

BERITA TERKAIT

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Selain Heru, dilantik juga Pj Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Mambay dan Pj Bupati Tolikara Marthen Kogoya

"Mengangkat Saudara Heru Budi Hartono SE MM sebagai Penjabat Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta terhitung sejak saat pelantikan untuk masa jabatan paling lama satu tahun," demikian bunyi pelantikan tersebut yang diadakan di Gedung Sasan Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta, Senin (17/10/2022)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang berlangsung di Kantor Kemendagri Jakarta, Senin (17/10/2022).
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang berlangsung di Kantor Kemendagri Jakarta, Senin (17/10/2022). (Wartakotalive/Yolanda Putri Dewanti)

Mendagri Tito lalu melakukan pembacaan sumpah pelantikan di depan para penjabat.

"Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," ucap Tito yang kemudian diikuti Heru.

Setelah membacakan sumpah, Heru kemudian menandatangani berita acara pengucapan sumpah janji jabatan dan pakta integritas.

Setelah itu, Mendagri Tito Karnavian kemudian menyematkan tanda pangkat dan tanda jabatan kepada Heru.

Baca juga: Dilantik Sebagai PJ Gubernur DKI, Heru Budi Hartono akan Kembali ke Rumah yang Membesarkan Namanya

Mendagri akan melantik Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI, Senin (17/10/2022) setelah Anies Baswedan resmi pamit dari Balaikota DKI pada Minggu (16/10/2022) kemarin.
Mendagri akan melantik Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI, Senin (17/10/2022) setelah Anies Baswedan resmi pamit dari Balaikota DKI pada Minggu (16/10/2022) kemarin. (kolase foto Tribunnews.com/Biro Pers Sekretariat Presiden.)

Diketahui, sebelum menjabat Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru menduduki posisi Kepala Sekretariat Presiden.

Sebelum menjadi Kasetpres, Heru juga pernah menduduki jabatan Wali Kota Jakarta Utara dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Itu terjadi ketika Presiden Joko Widodo masih sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Adapun Heru bakal menjabat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta hingga Pemilu 2024 berlangsung, di mana berbarengan antara Pilpres, Pileg, dan Pilkada termasuk Pilkada DKI Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas