Tribun

Tilang Elektronik

Uji Coba Selesai, Polda Metro Jaya Mulai Lakukan Penindakan Menggunakan ETLE Mobile

Uji coba 11 kamera ETLE mobile selesai, Polda Metro mulai melakukan penindakan bagi para pelanggar lalu lintas.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Uji Coba Selesai, Polda Metro Jaya Mulai Lakukan Penindakan Menggunakan ETLE Mobile
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat memberikan keterangan terkait penindakan dengan ETLE mobile di Polda Metro Jaya, Jumat (9/12/2022). Uji coba 11 kamera ETLE mobile selesai, Polda Metro mulai melakukan penindakan bagi para pelanggar lalu lintas. (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya telah selesai melakukan uji coba menggunakan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) mobile.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menyebut saat ini pihaknya mulai melakukan penindakan bagi para pelanggar lalu lintas.

"ETLE sudah kita uji coba ada 11 (kamera) yang kita uji coba kemarin dan sudah dilaksanakan dan sekarang ini akan kita lanjut untuk mulai melakukan penindakan," kata Latif Usman kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Dari hasil uji coba, Latif Usman mengatakan banyak pelanggar lalu lintas yang terekam oleh kamera ETLE mobile tersebut.

"Iya banyak merekam pelanggaran-pelanggaran yang ada," ucapnya.

Latif Usman mengatakan nantinya 11 kamera ETLE ini sudah menggunakan kecanggihan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan itu akan disebar di seluruh Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"(Pelanggaran terbanyak) Tidak menggunakan helm, boncengan lebih dari tiga, sabuk pengaman, menggunakan HP, melanggar rambu, melawan arus lalu lintas," ungkapnya.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan meresmikan penggunaan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) mobile untuk menjaring pelanggar lalu lintas pada 13 Desember 2022 pekan depan.

"Sudah siap InsyaAllah (ETLE Mobile diresmikan)," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Polda Metro Jaya Tunggu Hibah 30 Kamera ETLE Mobile dari Pemprov DKI Jakarta

Dalam waktu dekat, Latif Usman mengungkapkan uji coba penerapan ETLE Mobile itu akan dilakukan pihaknya pada besok, Rabu (7/12/2022).

Nantinya, lanjut Latif, akan ada 11 unit kamera ETLE mobile yang akan dioperasikan khususnya untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Ini sudah trial ke masyarakat untuk melakukan penindakan pada hari Rabu," ucapnya.

Latif menerangkan, mobil polisi lalu lintas (Polantas) mengitari jalanan Ibukota terutama di jalan-jalan protokol. 

"Ya seluruh ruas jalan nanti muter seluruh ruas jalan jakarta, muter, ya jalur-jalur protokol di Jakarta," ujar dia.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas