Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Santri Pesantren Al-Aziz Bakal Hibur Misa Anak di Gereja Santo Servatius Kampung Sawah

Santri Pondok Pesantren Al-Aziz bakal ikut memeriahkan Misa Natal Anak di Gereja Santo Servatius Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Santri Pesantren Al-Aziz Bakal Hibur Misa Anak di Gereja Santo Servatius Kampung Sawah
Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi
Misa Malam Natal di Gereja Santo Servatius Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (24/12/2022). Santri Pondok Pesantren Al-Aziz bakal ikut memeriahkan Misa Natal Anak di Gereja ini, Minggu (25/12/2022), pada pukul 09.00 WIB. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Santri Pondok Pesantren Al-Aziz bakal ikut memeriahkan Misa Natal Anak di Gereja Santo Servatius Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat.

Misa Natal Anak bakal digelar besok, Minggu (25/12/2022), pada pukul 09.00 WIB.

"Misa Natal anak ini spesial sekali karena tahun ini kita melibatkan saudara kita umat muslim. Jadi nanti ada dari Pesantren Al-Aziz yang ada di Rawa Bogo, Itu pimpinan ustadz Muqurrobin," ujar Wakil Ketua Dewan Paroki Harian Kampung Sawah Santo Servatius kepada Tribunnews.com di Gereja Santo Servatius Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (24/12/2022).

Para santri Pondok Pesantren Al Aziz, kata Hari, bakal menghibur para anak-anak yang mengikuti Misa Natal.

Selain Misa Natal Anak-anak, Gereja Santo Servatius Kampung Sawah juga bakal menggelar Misa Natal pada pukul 06.00.

"Beliau nanti akan mengirimkan santri untuk turut serta terlibat untuk perform menghibur mengisi di acara Misa Natal Anak," ungkap Hari.

Baca juga: Natal 2022, Wakil Ketua MUI Sebut Hidup Harmonis di Tengah Keberagaman Bagian dari Muamalah

BERITA TERKAIT

Hari mengungkapkan selama ini toleransi antar umat beragama sudah terjalin sejak lama.

Bahkan, menurut Hari, toleransi tersebut terjadi sejak sebelum adanya Pancasila.

"Jadi kalau dari pengalaman dan sejarah. Kampung sawah ini dari leluhur menjaga sekali toleransi umat beragama. Kalau dari cikal bakal, umat Katolik di sini saat ini sudah menginjak usia 126 tahun. Jadi dari sisi usia itu kita tahu nilai Pancasila sudah ada sejak dulu, bahkan sebelum Pancasila lahir, kita sudah hadir dengan nilai yang ada di Pancasila," jelas Hari.

"Artinya ketika kita bicara sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Maka kita sudah menetapkan nilai itu di Kampung Dawah," tambah Hari.

Saat ini terdapat tiga rumah ibadah yang posisinya berdekatan di wilayah Kampung Sawah. Sehingga wilayah Kampung Sawah dinilai sebagai contoh toleransi antar umat beragama di Tanah Air.

Ketiga tempat ibadah itu adalah Masjid Agung Al-Jauhar Yasfi, lalu 50 meter dari masjid ada Gereja Kristen Pasundan (GKP) Kampung Sawah, dan 100 meter dari GKP ada Gereja St. Servatius.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas