Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Jakarta Disarankan Pakai Masker, Kualitas Udara Lagi Memburuk dan Terjelek di Dunia

Warga Jakarta dianjurkan mengenakan masker saat keluar rumah karena kualitas udara yang sedang memburuk,

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Warga Jakarta Disarankan Pakai Masker, Kualitas Udara Lagi Memburuk dan Terjelek di Dunia
Tribunnews/JEPRIMA
Gedung-gedung bertingkat di yang tertutup oleh kabut polusi di kawasan Rasuna Said, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2023). Berdasarkan data IQAir pukul 19.00 WIB, Jakarta tercatat menjadi kota dengan kualitas udara dan polusi terburuk di dunia dengan nilai indeks 155 atau masuk kategori tidak sehat. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kota Jakarta tampak seperti diselimuti kabut karena kualitaa udara dan polusi yang buruk. Mengutip data pada situs IQAir, Jakarta tercatat menjadi kota dengan kualitas udara dan polusi terburuk di dunia dengan nilai indeks 168 atau masuk kategori tidak sehat.

Terkait hal ini, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta sekaligus Praktisi Kesehatan Masyarakat, Ngabila Salama ingatkan untuk waspada pada penyakit saluran pernapasan atas (ISPA) dan Pneumonia.

"Menyikapi kualitas udara yang kurang baik mari kita waspada terhadap kenaikan kasus batuk pilek ISPA dan pneumonia," ungkap Ngabila saat dimintai keterangan, Kamis (27/7/2023).

Selain itu ia menganjurkan agar warga Jakarta mengenakan masker saat keluar rumah. "Kita dapat mencegah sakit dengan memakai masker jika keluar rumah (outdoor)," katanya lagi.

Masker yang disarankan adalah N95 jauh karena Iebih baik untuk mencegah polusi udara karena dapat mencegah polusi udara menembus.

Sedangkan masker medis hanya dapat menyaring virus dan kuman lain. Polusi udara memiliki ukuran partikel yang jauh lebih kecil dari virus sehingga masih bisa menembus masker medis.

BERITA TERKAIT

Picu 7.100 Kematian di Jakarta

Situs IQAir menyatakan, kualitas udara kota Jakarta saat ini tidak sehat dengan indeks kualitas udara di 182 AQI US dengan polutan utama PM2.5. "Konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 22.9 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," sebut IQAir.

Menurut klaim Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, 70 persen kontributor buruknya kualitas udara Ibu Kota adalah sektor transportasi. Presentase tersebut mengacu pada masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi dalam berkegiatan sehari-hari.

Baca juga: Tips Jaga Kulit Tetap Sehat di Tengah Polusi Udara yang Semakin Buruk

“(Setidaknya) 70 persen pencetus kualitas udara buruk di Jakarta itu adalah dari transportasi, sehingga kalau ingin memperbaiki kualitas udara maka kurangilah mobilitas menggunakan mobil pribadi,” sebut Kadis LH Asep Kuswanto seperti dikutip Kompas.com, Rabu (26/7/2023).

Dia menyarankan agar masyarakat pemilik kendaraan bermotor beralih menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Bagaimana cara melindungi dari polusi udara di Jakarta? IQAir merekomendasikan Anda melakukan empat hal dan jadikan sebagai kebiasaan harian.

Asep menambahkan, tingkat mobilitas masyarakat berpengaruh pada tingkat kualitas udara Ibu Kota. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat.

Baca juga: Tips Jaga Kulit Tetap Sehat di Tengah Polusi Udara yang Semakin Buruk

Menurutnya, dengan semakin menguatnya (kegiatan) ekonomi, maka mobilitas masyarakat menggunakan transportasi juga semakin tinggi. "Hal itu sangat berpengaruh terhadap kualitas udara Jakarta,” kata dia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas