Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tingkatkan Kualitas Pemungutan Retribusi, Bapenda Luncurkan Aplikasi R.O.S

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta lakukan grand launching Aplikasi Retribusi Online Sistem (R.O.S) di Hotel Shangri-la, Jakarta Pusat.

Penulis: Vincentius Haru Pamungkas
zoom-in Tingkatkan Kualitas Pemungutan Retribusi, Bapenda Luncurkan Aplikasi R.O.S
Istimewa
Elvarinsa, Wakil Kepala Badan Pendapatan Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Inovasi terus dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Untuk mewujudkan kemudahan dan efisiensi dalam proses pemungutan retribusi, Bapenda DKI jakarta berhasil melakukan Grand Launching Aplikasi Retribusi Online Sistem (R.O.S) yang berlangsung di Hotel Shangri-La Jakarta Pusat (11/08/2023).

Kepala Unit Pusat Data dan Informasi Pendapatan Bapenda DKI Jakarta Morris Danny mengungkapkan "Peluncuran R.O.S bukan sekadar perubahan teknologi, tetapi juga langkah besar bagi revolusi administratif dalam upaya mencapai efisiensi dan ketepatan layanan." 

R.O.S yang merupakan pengembangan dari sistem pemungutan retribusi (e-Retribusi) ini menghadirkan kemudahan dalam pemungutan retribusi melalui platform online berupa website yang dapat diakses melalui alamat URL https://retribusi.jakarta.go.id/. Aplikasi ini diproyeksikan mengambil peran utama dalam pemungutan retribusi di Provinsi DKI Jakarta. Aplikasi ini dapat memberikan fleksibilitas kepada para pemungut retribusi karena dapat diakses dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja.

Baca juga: Dukung Pemulihan Ekonomi Lewat PBB, Bapenda DKI Beri Diskon Hingga September 2023




Berikut serangkaian fitur unggulan yang dimiliki R.O.S, diantaranya:

1) Fitur Pemungutan: 

Fitur ini disediakan untuk Operator Pemungut Retribusi, fitur ini memungkinkan pengisian data Wajib Retribusi, penghitungan retribusi berdasarkan permohonan dari Wajib Retribusi, hingga penerbitan Nota Perhitungan dan cetakan SSRD serta SKRD. Fitur ini juga mencakup pengusulan penghapusan piutang dari SKPD Pemungut dan proses pengusulan perforasi tiket retribusi.

2) Fitur Proyeksi & Target: 

BERITA TERKAIT

Fitur ini memfasilitasi proses pengusulan target retribusi dari SKPD Pemungut Retribusi dan pembuatan BA penetapan target antara Bapenda dengan SKPD tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan dokumentasi yang rapi dan terkontrol.

3) Fitur Monitoring: 

Mengumpulkan data penerimaan, merinci penerimaan, serta merencanakan dan merealisasikan target retribusi.

4) Fitur Laporan: 

Memungkinkan pembuatan laporan bulanan digital dan terstruktur, yang menghasilkan perhitungan yang cepat dan akurat.

Tidak hanya memudahkan dan meningkatkan efisiensi saja, R.O.S juga menjadi solusi untuk meningkatkan Kualitas Pemungutan Retribusi Pemprov DKI Jakarta sehingga pengelolaan retribusi di masa depan menjadi lebih baik. (*)

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas