Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siti Tahu Bayinya Tertukar dari Ciri-ciri Rambut: Saat Dilahirkan Tipis dan Pirang, Mendadak Hitam

Siti Mauliah mengenali ciri-ciri bayi yang dilahirkannya berbeda antara saat persalinan dan setelahnya dari tampilan rambut.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Siti Tahu Bayinya Tertukar dari Ciri-ciri Rambut: Saat Dilahirkan Tipis dan Pirang, Mendadak Hitam
Kolakse Tribunnews/Kompas TV
Siti Mauliah (37) warga Ciseeng, Kabupaten Bogor, tak mampu menutupi rasa bahagianya setelah mendapatkan bayinya yang sejak setahun lalu tertukar saat proses persalinan di Rumah Sakit Santoso, Bogor. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Siti Mauliah, warga Ciseeng, Bogor, mengaku sudah mempunyai firasat sejak awal bahwa bayi yang dilahirkannya di Rumah Sakit Sentosa Bogor, tertukar.

"Untuk perasaan saya waktu itu langsung lega, dan juga bahagia bahwa bener dugaan saya tidak salah, feeling saya tidak salah, kontak batin saya ke bayi yang disana tidak salah," ujarnya saat ditemui di kediamannya, Sabtu (26/8/2023) sehari setelah Polres Bogor mengumumkan hasil tes DNA Puslabfor Polri tentang bayinya yang ternyata memang tertukar dari pasien bernama Dian. 

"Kebahagiaan itu muncul sejak kemarin juga setelah denger si bayi yang disana itu memang darah daging saya. Pas ketemu langsung bahagia banget, emang bener dia itu punya saya dari awal juga emang langsung kan itu bayi saya," katanya.

"Kemarin itu bener-bener mengharukan, bukan dari saya sama bu Dian aja yang shock dan terharu, dari semua orang yang ada di dalem situ ikut terharu, ikut bersedih, ada yang seneng juga masalah ini udah mau clear, seneng dan gembira juga," lanjutnya.

Saat dipertemukan polisi di pengumuman hasil tes DNA Jumat lalu, Siti Mauliah mengekspresikan rasa bahagiannya bisa memeluk dan menggendong bayinya yang tertukar.

Wanita yang bersuamikan Muhammad Tabrani ini sebelumnya hanya bisa menatap, karena Dian berkukuh bayi yang ia rawat adalah anak kandungnya.

Siti Mauliah membandingkan banyak perbedaan antara bayi yang dikandungnya dengan bayi yang dilahirkan Dian dan selama satu tahun ini Siti rawat.

Baca juga: Kasus Bayi Tertukar Berimbas Turunnya Jumlah Kunjungan ke RS Sentosa Bogor

BERITA TERKAIT

"Feeling saya kuat bayi yang di depan saya bukan darah daging saya," katanya.

"Fisik rambut juga kelihatan berbeda sekali sama pas awal saya lihat bayi saya. Yang awal itu rambut bayi saya itu tipis, pas hari ke-3 rambutnya tebal dan sangat hitam rambutnya. Kalau anak saya yang itu agak pirang rambutnya," kata Siti Mauliah.

Bayi Siti, setahun terakhir ini dirawat Dian. Begitu pula sebaliknya. Dian sebelumnya sempat menolak keras melakukan tes DNA atas permintaan Siti Mauliah.

Ia berkukuh bahwa bayi yang dilahirkan di Rumah Sakit Sentosa pada 18 Juli 2022 adalah anak kandungnya.

Baca juga: Siti Mauliah: Restorative Justice Kasus Bayi Tertukar Hanya antara Dia & Dian, Tak dengan RS Sentosa

Dian ngotot bayi tersebut bukan anak kandung Siti Mauliah, karena sejak dilahirkan sudah dipakaikan gelang atas nama dirinya.

"Pastikan syok ya. Klien kami sudah siap untuk menerima apapun hasilnya. Hasil tadi faktanya bahwa bayi yang mereka (Siti dan Dian) miliki tertukar dengan bayi milik ibu S," kata kuasa hukum Dian, Binsar Aritonang.

Dian Sempat Pingsan

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas