Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

354 Pelaku Bisnis Bergabung Dalam Hub UMK Jakarta yang Digagas PLN UID Jakarta Raya

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya mengumumkan pembentukan Hub Usaha Mikro (UMK) yang telah berhasil mendapatkan dukungan

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in 354 Pelaku Bisnis Bergabung Dalam Hub UMK Jakarta yang Digagas PLN UID Jakarta Raya
Dok. PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya
UMKM binaan Hub UMK Jakarta berkesempatan untuk menjual produk mereka di TJSL Day PLN UID Jakarta Raya setiap hari Jumat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya mengumumkan pembentukan Hub Usaha Mikro (UMK) yang telah berhasil mendapatkan dukungan dari 354 anggota berbagai bidang usaha. Menariknya, sejak pembentukannya pada Juli 2023, sekitar 73 persen dari anggota Hub UMK Jakarta ini aktif bergerak di sektor kuliner.

Langkah Nyata Dari PLN UID Jakarta Raya Untuk Jalankan Bisnis Berkelanjutan

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran mengatakan bahwa Hub UMK Jakarta adalah langkah nyata dari PLN UID Jakarta Raya untuk menjalankan bisnis berkelanjutan.

"PLN Peduli hadir melalui Hub UMK Jakarta ini untuk mendukung dan memajukan para pelaku usaha mikro, sekaligus turut serta dalam menggerakkan perekonomian nasional," tutur Lasiran dalam keterangan tertulisnya.

Sebagai informasi, sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang signifikan dalam Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, mencapai 61%.

Hal ini menjadikan UMKM sebagai pilar utama dalam pembangunan ekonomi di negara ini. PLN Peduli, melalui kolaborasinya dengan pemerintah, bertujuan untuk terus meningkatkan daya saing usaha mikro dan kecil, sehingga mereka dapat bertahan di pasar nasional dan global.

Lasiran menambahkan, "PLN tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata, tetapi juga berkomitmen mendukung terwujudnya 'Sustainable Development Goals' (SDGs) dengan beberapa pilar yang relevan."

Hub UMK Jakarta aktif memberikan pembinaan kepada anggotanya dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan, pendampingan, dan dorongan untuk meningkatkan kualitas usaha mereka. Saat ini, sudah ada 276 UMK yang berhasil tersertifikasi, sedangkan 78 lainnya masih dalam proses sertifikasi.

Agung Yudha Optimis Merangkul Banyak UMK Untuk Bergabung

BERITA TERKAIT

Sedangkan Manager Operasional Hub UMK Jakarta, Agung Yudha mengungkapkan optimisme bahwa Hub UMK Jakarta akan terus merangkul lebih banyak UMK untuk bergabung. Hingga Agustus, berbagai pelatihan telah diberikan kepada anggota Hub UMK Jakarta, termasuk pelatihan foto produk, kemasan produk, kelistrikan 'food truck', dan strategi promosi.

Hub UMK Jakarta juga telah mempersiapkan berbagai media promosi untuk mengembangkan anggotanya, seperti melalui media sosial, platform belanja online, hingga pameran dan bazar.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Haris Andika, Senior Manager Komunikasi dan Umum, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, di nomor telepon 021 3455000.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas