Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Waktu Tunggu Antar Kereta LRT Jabodebek Kini 30 Menit Sampai 1 Jam, YLKI: 15 Menit Saja Sudah Lama

Kereta LRT Jabodebek saat ini hanya beroperasi sebanyak 8 rangkaian dengan waktu tunggu (headway) antar kereta 30 menit hingga 1 jam.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Waktu Tunggu Antar Kereta LRT Jabodebek Kini 30 Menit Sampai 1 Jam, YLKI: 15 Menit Saja Sudah Lama
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Teknisi melakukan perawatan kereta LRT Jakarta di Depo LRT Jakarta, Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, Selasa (17/10/2023). Pemeriksaan dan perawatan ringan rangkaian kereta LRT Jakarta tersebut dilakukan secara berkala setiap tujuh hari dan empat bulan serta perawatan berat setiap empat tahun sekali guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang. Foto ini diambil menggunakan Kamera Canon EOS R50. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kereta LRT Jabodebek saat ini hanya beroperasi sebanyak 8 rangkaian dengan waktu tunggu (headway) antar kereta 30 menit hingga 1 jam.

Ketua Umum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, waktu tersebut dinilai terlalu lama. Bahkan dia bilang sejauh ini tak ada moda transportasi yang memiliki headway hingga 1 jam.




"Headway nya sampai 1 jam, mana ada angkutan masal headway sampai satu jam itu kan enggak lucu. 15 menit saja sudah lama itu ada 1 jam," ujar Tulus kepada wartawan di Kawasan Jakarta Selatan, Kamis (16/11/2023).

Menurut Tulus, atas dasar itu pihaknya meminta manajemen LRT Jabodebek agar melakukan evaluasi terkait kendala tersebut. Pasalnya, hal itu justru merugikan konsumen.

"Ini harus dievaluasi, LRT itu menyangkut soal kendala dari produknya dan juga mau enggak mau kalau memang headway nya tidak bisa terpenuhi sangat-sangat merugikan konsumen dan juga merugikan LRT sendiri," ujarnya.

Sebelumnya kereta LRT Jabodebek hanya menjalankan sebanyak 8 rangkaian atau trainset. Imbasnya, jarak waktu tunggu terlalu lama.

BERITA TERKAIT

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan, operasional kereta di jam kerja atau peak hours mulai pukul 05.00 WIB sampai 10.00 WIB waktu tunggu kereta hanya 30 menit.

Baca juga: Kemenhub: Tarif Dinamis LRT Jabodebek Masih Dibahas

"Kami saat ini menjalankan sebanyak 9 trainset. Sehingga kami mengatur perjalanan pada hari kerja dengan mengurangi frekuensi pada non peak hours di antara jam 10.00 WIB sampai 15.00 WIB," kata Kuswardoyo dalam keterangannya, Jumat (27/10/2023).

Terkait waktu tunggu tersebut Kuswardoyo mengatakan, operasional LRT Jabodebek juga diperpanjang hingga pukul 20.12 WIB untuk keberangkatan akhir.

Baca juga: LRT Jabodebek Hanya Beroperasi 8 Rangkaian, YLKI Minta Kembalikan ke Tarif Promo

"Keberangkatannya menjadi sekitar 1 jam dan kami perpanjang keberangkatan terakhir menjadi jam 20.12 WIB," ucap dia.

"Jadi kami mengatur ulang jadwal perjalanan dengan mengurangi perjalanan di non peak hours maka keberangkatan di jam tersebut menjadi 1 jam," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas