Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selain Pakai Popok Bayi, Pelaku Narkoba di Kawasan Kalipasir Jakpus Juga Gunakan MCK

Kemudian setelah MCK tersebut dibongkar, para pemuda di lokasi itu bukannya kapok untuk mengkonsumsi barang haram namun justru memakai narkoba

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Selain Pakai Popok Bayi, Pelaku Narkoba di Kawasan Kalipasir Jakpus Juga Gunakan MCK
Tribunnews/Fahmi Ramadhan
Puluhan tersangka kasus narkoba yang berhasil ditangkap Polres Metro Jakarta Pusat saat penggrebekan di Jalan Kalipasir, Menteng, Jakarta Pusat dalam Operasi Nila Jaya 2024, Senin (15/7/2024) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi mengungkap para pelaku narkoba di Kalipasir, Menteng, Jakarta Pusat pada beberapa waktu lalu sempat memanfaatkan fasilitas kamar mandi umum atau mandi cuci kakus (MCK) untuk mengkonsumsi sabu sebelum akhirnya dibongkar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kasat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Iver Son Manosoh menjelaskan, bahwa sebelumnya di lokasi tersebut memang banyak terdapat kamar MCK namun justru disalahgunakan oleh pemuda di daerah sana.

"Di tempat ini dulu banyak MCK yang kemudian diputuskan pemerintah dibongkar karena ternyata dipake oleh kelompok anak-anak pemuda untuk menggunakan narkoba di dalam MCK," kata Iver kepada wartawan, Senin (15/7/2024).

Hal itu diketahui berdasarkan hasil koordinasi pihaknya dengan sejumlah stakeholder di wilayah Kalipasir yang resah dengan keberadaan para pelaku tersebut.

Setelah mengetahui persoalan tersebut polisi pun, lanjut Iver, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan pada akhirnya menggrebek tempat kejadian perkara yang berlokasi di sebuah gang itu.

"Kami menjaring informasi ini sebanyak mungkin agar operasi ini optimal selain kami lakukan penyelidikan versi penegakkan hukum," jelasnya.

Baca juga: Satu mobil dicuri tiap menit di Kanada - Mengapa Kanada jadi pusat mobil curian sedunia?

BERITA TERKAIT

Kemudian setelah MCK tersebut dibongkar, para pemuda di lokasi itu bukannya kapok untuk mengkonsumsi barang haram namun justru memakai narkoba di dalam rumah.

Hal itu dibuktikan pada saat polisi menggerebek beberapa rumah yang kemudian didapati sejumlah barang bukti seperti alat penghisap sabu.

"Ada, kami menemukan ada beberapa yang menggunakan di rumah terbukti dari hasil operasi kemarin banyak bong alat penghisap sabu di rumah rumah," ucapnya.

Setelah menemukan alat bukti dan menangkap beberapa tersangka polisi pun langsung melakukan tes urine dari rumah ke rumah untuk mendeteksi penggunaan narkoba pada para tersangka.

Menurutnya, langkah tersebut sebagai upaya pihaknya guna memberikan edukasi perihal bahaya narkoba khususnya kepada masyarakat yang berada di sekitar TKP.

"Kami juga memetakkan zona kerawanan penyebaran sesuai informasi masyarakat yang menyasar anak-anak dan pemuda," ujarnya.

Baca juga: Selebgram Ditangkap karena Promosikan Judi Online, Polisi : 1,5 Tahun Joget-joget Promosikan Situs

Iver mengatakan, modus yang dilakukan salah satu tersangka dalam jual beli narkoba di kawasan Kalipasir Menteng yakni menggunakan popok bayi. Barang tersebut justru digunakan sebagai alat membungkus narkoba ketika melakukan transaksi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas