Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Arak-arakan Perahu Kalipasir Meriahkan Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Kota Tangerang

Nurdin berharap tradisi ini terus berkembang tidak hanya melibatkan dua kecamatan tapi seluruh kecamatan di Kota Tangerang

Penulis: Reza Deni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Arak-arakan Perahu Kalipasir Meriahkan Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Kota Tangerang
ist
Suasana khas arak-arakan perahu Kalipasir sebagai perayaan maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Kota Tangerang. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan dengan berbagai cara.

Di Kota Tangerang, perayaan maulid dilakukan oleh PC Fatayat NU kota Tangerang berkolaborasi dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Al Ittihad dan DKM Masjid Jami’ Kalipasir.




Acara tersebut berfokus pada arak-arakan perahu yang dimulai pukul 08.00 WIB. Diawali dengan pelepasan arak-arakan oleh Pj Walikota Tangerang Nurdin dengan garis start di Damatek dan selesai di Masjid Agung Al Ittihad sekitar jam 10.00 WIB.

Baca juga: Pesan Jokowi di Peringatan Maulid: Jadikan Kehidupan Rasulullah sebagai Inspirasi Menebar Kebaikan

"Tradisi (arak-arakan perahu) ini adalah sebagai wujud kecintaan kepada baginda Nabi Muhammad SAW sekaligus untuk meneladani sunnah Beliau," kata Pj Walikota Tangerang Nurdin dalam keterangannya, Senin (16/9/2024).

Lebih lanjut, Nurdin berharap tradisi ini terus berkembang tidak hanya melibatkan dua kecamatan tapi seluruh kecamatan di Kota Tangerang, sehingga Kota Tangerang bisa menjadi episentrum budaya dan tradisi Islam di Banten.

Sementara itu, Ketua PC Fatayat NU Kota Tangerang  Noni Menawati mengatakan acara yang diberi tema “Syi’ar, Tradisi, dan Toleransi Keberagamaan di Kota Tangerang memliki  beberapa rangkaian di dalamnya.

Baca juga: 50 Ide Tema Acara Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 yang Menarik, Edukatif, dan Inspiratif

BERITA TERKAIT

"Di antaranya adalah arak-arakan perahu maulid Kalipasir, drum band dari Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Tangerang, lomba kirab santri se Kota Tangerang, arak-arakan ASN Pemkot Tangerang, arak-arakan 25 gunungan dari 25 Kelurahan di dua Kecamatan Karawaci dan Tangerang," kata dia.

Selain itu, acara ini juga diisi pembacaan rawi al Barjanzi, Pelatihan Digital Video Editing untuk perempuan muda Tangerang, makan bersama nasi kebuli 1446 porsi, dan di akhiri dengan penampilan Gambus El Corona, tegas Noni.

Acara ini, lanjut Noni, selain untuk syiar Islam, juga sebagai ungkapan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW

"Tradisi memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad adalah sebuah tradisi yang harus dirawat dan dijaga dengan baik. Agar umat selalu ingat akan perjuangan nabi dalam mensyi’arkan Islam yang membawa kedamaian, agama yang mengajarkan toleransi, dan agama yang membawa rahmat bagi seluruh umat manusia”, ungkap Noni

Sementara itu, Gus M Imron Farhani selaku Sekretaris DKM Masjid Al Ittihad mengatakan bahwa tradisi arak-arakan perahu Kalipasir adalah tradisi yang sudah ada sejak tahun 1939. 

Tradisi tersebut diadakan setiap memperingati Maulid Nabi dan sudah berjalan ratusan tahun.

“Arak-arakan perahu Kalipasir adalah tradisi yang sudah ada sejak tahun 1939. Tradisi tersebut diadakan setiap memperingati Maulid Nabi dan sudah berjalan ratusan tahun,” lanjut Gus Imron.

"Masjid Agung Al Ittihad sebagai salah satu masjid tertua di Kota Tangerang dan kebetulan juga berada di Kalipasir sangat mendukung dan bahkan ikut memeriahkan tradisi tersebut. Makanya kita kolaborasi dengan PC Fatayat NU Kota Tangerang dan DKM Masjid Jami’ Kalipasir," ujar Gus Imron.

Ketua DKM Masjid Kalipasir Ustaz Feri menyambut gembira dengan adanya kolaborasi ini. Semoga kolaborasi ini bisa terus terjalin dengan baik dan menambah keberkahan.

Baca juga: Menteri Agama: Maulid Nabi Miliki Makna Dalam Bagi Bangsa Indonesia

"Semangat warga Kalipasir juga bertambah dengan adanya support dari beberapa pihak termasuk PC Fatayat NU Kota Tangerang dan DKM Masjid Agung Al Ittihad. Tidak hanya semangatnya yang bertambah tapi imannya juga tambah," kata dia.

“Semoga kolaborasi ini bisa terus terjalin dengan baik dan menambah keberkahan. Semangat warga Kalipasir juga bertambah dengan adanya support dari beberapa pihak termasuk PC Fatayat NU Kota Tangerang dan DKM Masjid Agung Al Ittihad. Tidak hanya semangatnya yang bertambah tapi imannya juga tambah,” tandas Feri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas