Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dulu Sengaja 'Pin' Komentar Warganet yang Kritiknya, Ridwan Kamil: Warga Jakarta Marah Enggak?

Saat menjabat sebagai gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyematkan komentar warganet yang bernada kritik di akun Instagramnya

Editor: Erik S
zoom-in Dulu Sengaja 'Pin' Komentar Warganet yang Kritiknya, Ridwan Kamil: Warga Jakarta Marah Enggak?
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Ilustrasi - Bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil mengaku kini tidak lagi menyematkan (pin) komentar warganet yang bernada kritik di akun media sosialnya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-  Bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil mengaku kini tidak lagi menyematkan (pin) komentar warganet yang bernada kritik di akun media sosialnya.

Sebelumnya, Riwan Kamil saat menjabat sebagai gubernur Jawa Barat menyematkan komentar warganet yang bernada kritik di akun Instagramnya. Akibatnya, kritik warganet tersebut kemudian menjadi sasaran warganet lainnya.

"Ya sudah saya mengalah, kurangin nge-Pin gitu akhirnya nge-Pin yang lucu-lucu, harusnya enggak usah takut di-Pin ya, kan kita di ruang publik semua boleh berbalas pantun," kata Riwan Kamil dikutip dari acara Bongkar Aspirasi Ridwan Kamil (BARK) yang tayang di Youtube pada Minggu (15/9/2024).

Baca juga: Rano Karno Klaim Tak Punya Taktik Khusus untuk Lawan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

 

Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku kerap dilabeli baper atau tersinggung ketika menjawab kritikan warganet di media sosial

"Saya hobinya menjawab tapi oleh netizen kalau orang dikritik terus menjawab, suka dilabeli baper. Jadi, akhirnya saya mengurangi kadar menjawab padahal kan harusnya dialog ya," ujar Ridwan Kamil seperti 

 Ia kemudian memilih menyematkan komentar warganet yang mengkritiknya dengan alasan agar terjadi percakapan panjang. 

BERITA TERKAIT

Komentar warga net yang 'di-Pin' akan mengundang warga net lainnya untuk merespons. 

"Tujuannya biar jadi percakapan lebih panjang. Kan, silakan dengan semua orang marah-marah terus buat apa? Anda berani mengkritik ketika anda sendiri diajak dialog enggak mau," katanya. 

Kini, Ridwan Kamil akan menanyakan dulu kepada warga Jakarta jika dirinya terpilih apakah dibolehkan menyematkan komentar lagi di Instagramnya. 

"Justru, saya mau nanya warga Jakarta kalau di-Pin gubernur marah enggak?" pungkasnya. 

Viral guru honorer dipecat karena komentarnya di-pin Ridwan Kamil

Ridwan Kamil mengakui telah menggunakan mode "pin" kepada komentar Muhammad Sabil Fadilah, guru honorer yang menyampaikan kritik lewat unggahannya di Instagram. Ridwan mengatakan, dirinya sedang memberikan edukasi.

"Oh gini, Kang, kalau saya nge-pin, itu saya sedang mengedukasi kepada orang-orang yang kadang komennya enggak pakai fakta. Saya klarifikasi, sebenarnya itu," kata Ridwan Kamil.

Ridwan kemudian membalikan pertanyaan, terkait berkomentar atau menyampaikan kata kasar.

Baca juga: Rano Karno Harap Ridwan Kamil Siap Kalah dan Menang di Pilkada Jakarta 

Halaman
12
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas