Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saat Ini Ada Lebih 1 Juta Toserba di Jepang, Pertamakali Dibuka di Prefektur Gifu 50 Tahun Lalu

Bulan September 2024 ini sebenarnya peringatan 50 tahun konbini Jepang yang memiliki cabang banyak sekali dengan sistim waralaba

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Saat Ini Ada Lebih 1 Juta Toserba di Jepang, Pertamakali Dibuka di Prefektur Gifu 50 Tahun Lalu
Tribunnews.com/Ricard Susilo
Konbini Family Mart dianggap sebagai Konbini pertama di Jepang berdiri September 1973 dan September tahun ini sebagai peringatan ke-50 tahun konbini di Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Terungkap konbini atau convenience store atau toko serba ada di Jepang yang pertama kali dibuka tahun 1962  bukan berada di Tokyo, melainkan di Railway Kosaikai di Stasiun Tajimi Kereta Api Nasional di Kota Tajimi, Prefektur Gifu.

"Konbini memang banyak sekali di Jepang lebih dari satu juta toko. 

Bahkan tahun 2014 jumlah omsetnya melebihi 10 triliun yen," ungkap Tanaka, sumber Tribunnews.com di kalangan konbini Jepang Jumat (27/9/2024).

Bulan September 2024 ini sebenarnya peringatan 50 tahun konbini Jepang yang memiliki cabang banyak sekali dengan sistim waralaba (franchise).

"Walaupun konbisnis pertama di kota Tajimi Gifu, namun kami melihat konbini bisnis dimulai September 1973 dengan berdirinya Family Mart, lalu setahun kemudian Seven Eleven dan setahun kemudian Lawson," lanjutnya.

Pengertian konbini yang saat ini dipikir banyak orang beroperasi 24 jam juga salah.

Baca juga: Mantan Menhan Jepang Shigeru Ishiba Terpilih Pimpin Partai Berkuasa

BERITA REKOMENDASI

"Ketentuan konbini dari segi hukum asalkan bisa beroperasi 14 jam sehari dapat diketakan konbini. Jadi tidak harus 24 jam sehari sebuah konbini beroperasi."

Meskipun demikian banyak konbisnis besar beroperasi 24 jam sehari sehingga sering dibut sebagai Lifeline jadi sandaran hidup masyarakat di Jepang.

Terbukti saat gempa besar 11 Maret 2011 di mana konbini pertama yang beroperasi terlebih dulu selama 24 jam di tengah tutupnya semua toko di lokasi bencana, sehingga sangat banyak membantu para korban bencana saat itu.

Namun kalau melihat sejarah satu per satu munculnya konbini di Jepang maka bisa kita susun sebagai berikut.

1962 - Dibukalah toko serba ada di Railway Kosaikai di Stasiun Tajimi Kereta Api Nasional di Kota Tajimi, Prefektur Gifu.

1968/12 -- di Kota Kobe Prefektur HyogoMarusho  juga dibuka konbini.

Maret 1969 - Toko pertama My Shop dibuka secara uji coba di Kota Toyonaka, Prefektur Osaka. Dalam beberapa lokasi, ini adalah kasus pertama di Jepang di mana toko yang sama banyak dibuka di beberapa lokasi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas