Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapolda Metro Jaya Pastikan Pengamanan Komprehensif Debat Pertama Cagub dan Cawagub DKI Jakarta

Karyoto meminta kepada Kasatker dan Kasatwil dalam pengamanan tahapan Pilkada 2024 agar berkoordinasi dan berkolaborasi dengan TNI

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Erik S
zoom-in Kapolda Metro Jaya Pastikan Pengamanan Komprehensif Debat Pertama Cagub dan Cawagub DKI Jakarta
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto memastikan pengamanan komprehensif pada kegiatan debat pertama Cagub dan Cawagub DKI Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews Reynas Abdila


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto memastikan pengamanan komprehensif pada kegiatan debat pertama Cagub dan Cawagub DKI Jakarta.


Debat pertama akan dilaksanakan di JiExpo Kemayoran, Minggu (6/10/2024).


“Kami akan pastikan semua aspek keamanan dapat terjaga dengan baik dan tidak ada ancaman yang dapat menggangu jalannya acara,” ucapnya dalam keterangan Kamis (3/10/2024).

Baca juga: Ini Tujuh Nama Panelis Debat Perdana Pilgub DKI Jakarta di JIExpo

Karyoto meminta kepada Kasatker dan Kasatwil dalam pengamanan tahapan Pilkada 2024 agar berkoordinasi dan berkolaborasi dengan TNI dan stakeholder terkait lainnya.


“Lakukan komunikasi yang efektif kepada seluruh pihak agar setiap perkembangan dapat direspon dengan cepat dan tepat dan memberikan dampak positif bagi Demokrasi di wilayah Hukum Polda Metro Jaya” ujar Karyoto.
 
Kemudian jenderal bintang dua itu menghimbau kepada jajarannya dalam menghadapi situasi Pilkada 2024 agar tetap menjaga dan menunjukkan profesionalisme serta menjaga integritas. 


“Saya ingatkan kepada para Personel agar menjunjung tinggi netralitas dengan tidak berpolitik praktis, mengarah pada keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan calon kepala daerah peserta pilkada 2024,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI


Debat pertama pasangan calon atau paslon Pilkada Jakarta bakal berlangsung sebanyak tiga kali dan mulai dilaksanakan pada tanggal 6 November. 


“Untuk debat pertama, kami masih berkoordinasi dengan pihak TV penyelenggara terkait pelaksanaan. Namun untuk jadwalnya itu insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober,” kata Anggota KPU DKI Jakarta Astri Megatari di kantornya, Senin (23/9/2024) malam. 


Hingga saat ini, KPU masih merumuskan tema untuk masing-masing debat. Dalam mekanismenya, seluruh pasangan calon bakal hadir mengikuti tiga jadwal debat itu.

Baca juga: Cak Lontong Minta Debat Pilkada Jakarta 2024 Tak Pakai Istilah atau Singkatan Asing


“Tema debat masih belum bisa kita umumkan terlebih dahulu, masih akan kita lakukan perumusan,” jelas Astri.


“Jadi, kedua pasangan maupun calon gubernur maupun calon wakil gubernur akan bersama-sama hadir di setiap debat,” sambungnya. 


Seperti halnya pilpres lalu, ada 6 segmen nantinya dalam total durasi debat 150 menit yang dibagi atas 120 menit pelaksanaan debat dan 30 menit jeda iklan.


“Jadi memang untuk segmentasinya memang sama dengan debat pilpres juga, berlangsung selama 6 segmen,” tutur Astri. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas