Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemkot Tangsel Sebut Daya Beli Masyarakat di Wilayahnya Alami Tren Positif

Ini tak lepas dari kontribusi sektor UMKM yang semakin berkembang dan inisiatif pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi.

Penulis: willy Widianto
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Pemkot Tangsel Sebut Daya Beli Masyarakat di Wilayahnya Alami Tren Positif
Istimewa
Pemkot Tangerang Selatan tingkatkan peran UMKM untuk menjaga daya beli masyarakat di Tangsel saat  terjadi dinamika harga kebutuhan pokok.  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Meski angka inflasi masih fluktuatif dan harga bahan pokok cenderung mengalami kenaikan, namun daya beli masyarakat di kota Tangerang Selatan (Tangsel) justru menunjukkan tren positif.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Daerah Tangerang Selatan (Tangsel), Ucok Siagian mengatakan, meskipun inflasi tahunan pada tahun 2024 mencapai 2,15 persen, ekonomi lokal tetap bergerak dinamis, terutama berkat peran aktif sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan langkah strategis dari pemerintah daerah.

"Kondisi daya beli masyarakat di Tangerang Selatan saat ini menunjukkan tren positif, meski dipengaruhi oleh dinamika inflasi dan harga barang kebutuhan pokok," ujar Ucok dalam keterangannya, Rabu (16/10/2024).

Menurut Ucok, daya beli masyarakat di Tangsel tetap kuat, meski ada dinamika harga kebutuhan pokok. Ini tak lepas dari kontribusi sektor UMKM yang semakin berkembang dan inisiatif pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi.

Tidak hanya itu, UMKM juga berperan penting dalam menggerakkan roda ekonomi lokal, dengan berbagai program pendampingan, pelatihan, serta akses pembiayaan yang diberikan Pemkot Tangsel.

Pasalnya, faktor ekonomi lokal yang mempengaruhi daya beli masyarakat antara lain adalah inflasi yang relatif terkendali, peran sektor perdagangan dan jasa yang kuat, serta pertumbuhan pesat sektor UMKM.

"Perkembangan infrastruktur dan digitalisasi ekonomi juga menjadi pendorong utama yang membantu menggerakkan aktivitas ekonomi di daerah," jelasnya.

Baca juga: Menperin Sebut Banjir Barang Impor Bikin Indonesia Dilanda Deflasi Lima Bulan Berturut-turut 

BERITA REKOMENDASI

Akan tetapi, meski inflasi di Tangsel cenderung stabil, beberapa komoditas pokok seperti beras dan daging masih menjadi perhatian utama pemerintah, terutama menjelang akhir tahun.

Untuk meredam gejolak harga bahan pokok dan menjaga daya beli masyarakat, Pemkot Tangsel telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menggelar bazar murah dan memperkuat digitalisasi layanan publik.

"Selain itu, kita juga melakukan digitalisasi layanan publik dan perdagangan juga diperkuat untuk meningkatkan efisiensi dan akses masyarakat terhadap produk yang lebih terjangkau," kata dia.

Untuk memperkuat peran UMKM dalam rantai pasok lokal maupun nasional, Pemkot Tangsel selalu menjalankan strategi khusus melalui promosi digital, pelatihan, dan akses pembiayaan, dengan berkolaborasi bersama sektor swasta.

"Dengan strategi ini, UMKM diharapkan dapat terus bertahan dan membantu menjaga daya beli masyarakat," pungkasnya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas