Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sosialisasi Empat Pilar MPR, Syarief Hasan Minta Santri Jangan Berhenti Tuntut Ilmu

Sebagai warga negara, pergunakan hak pilih untuk kepentingan bangsa. Pilihlah pemimpin sesuai hati nurani.

Sosialisasi Empat Pilar MPR, Syarief Hasan Minta Santri Jangan Berhenti Tuntut Ilmu
Istimewa
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan menyebutkan para santri sudah memahami Empat Pilar MPR. Ini dibuktikan saat para santri bisa menyebutkan dengan tepat masing-masing dari Empat Pilar MPR, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam sosialisasi Empat Pilar MPR di Pondok Pesantren Assuyuthiyyah, Kec. Cilaku, Kab Cianjur, Jawa Barat, Jumat (19/3/2021), Sjarifuddin Hasan bertanya kepada santri dan santriwati yang hadir, "Apa itu Empat Pilar MPR?" Para santri pun menjawab serentak masing-masing dari Empat Pilar MPR. "Ini menunjukkan para santri sudah memahami Empat Pilar MPR," ujar Syarief Hasan sapaan Sjarifuddin Hasan.

Syarief Hasan kemudian menjelaskan tentang lembaga MPR RI. Sebelum reformasi atau sebelum amandemen UUD 1945, MPR merupakan lembaga tertinggi di Indonesia. Tetapi, setelah reformasi dan perubahan UUD 1945 yang dilakukan 1999 - 2002, MPR tidak lagi menjadi lembaga tertinggi. MPR menjadi lembaga tinggi negara yang sejajar dengan lembaga tinggi negara lainnya seperti DPR, DPD, Lembaga Kepresidenan, Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Hasil amandemen UUD 1945, MPR tidak lagi sebagai lembaga tertinggi negara melainkan lembaga tinggi negara. Kewenangan dan tugas MPR di antaranya melantik presiden dan wakil presiden terpilih, dan tugas mensosialisasikan Empat Pilar MPR," jelasnya.

"Dulu namanya adalah Empat Pilar Kebangsaan, tapi sekarang namanya Empat Pilar MPR, yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Semua anggota MPR mensosialisasikan Empat Pilar MPR," sambungnya.

Kepada para santri, Syarief Hasan mengingatkan bahwa masa depan bangsa berada dipundak generasi muda saat ini. Karena itu dia minta para santri untuk memanfaatkan waktu dengan menimba ilmu. "Saya sangat mengharapkan para santri untuk memanfaatkan waktu dengan menuntut ilmu," harapnya.

Selain itu, Syarief Hasan juga meminta para santri menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang. "Sebagai warga negara, pergunakan hak pilih untuk kepentingan bangsa. Pilihlah pemimpin sesuai hati nurani," pintanya.

Dalam sosialisasi Empat Pilar MPR ini hadir Pimpinan Pondok Pesantren Assuyuthiyyah K.H. Ferry Nur El Firdaus dan Staf Ahli Wakil Ketua MPR Jafar Hafsah. Selanjutnya dalam sosialisasi itu, Jafar Hafsah menjelaskan lebih lanjut tentang Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas