Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

JK Yakin Harga Kedelai Turun Lagi

Walau harga kacang kedelai melambung,mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yakin hal tersebut tidak akan berlangsung lama.

Penulis: Eri Komar Sinaga
zoom-in JK Yakin Harga Kedelai Turun Lagi
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Calon Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo (kiri) menemui mantan Wapres, Jusuf Kalla, dikediaman pribadi Jusuf Kalla di Dharmawangsa Jakarta Selatan, Minggu (27/5/2012). Kedatangan Fauzi Bowo ke kediaman Jusuf Kalla untuk bersilahturahmi dan bertukar pikiran menjelang Pilkada DKI Jakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Walau harga kacang kedelai melambung,mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yakin hal tersebut tidak akan berlangsung lama. Menurutnya, eskalasi harga tersebut akan berakhir beberapa bulan ke depan.

"Kedelai itu sebenarnya hanya masalah sebentar saja. Saya yakin masalah ini hanya 3-5 bulan (selesai). Turun lagi," ujar JK saat memeriksa persediaan kantong darah di markas PMI (Palang Merah Indonesia) DKI Jakarta, Jumat (27/7/2012).

Masalahnya, lanjut JK, tanaman kedelai tidak sesuai dengan iklim Indonesia. Bahan baku tahu dan tempe tersebut cocoknya tumbuh di Amerika Serikat.

Oleh karena itu, JK menyarankan petani Indonesia tidak harus berswasembada kacang kedelai dan bisa bercocok tanam tanaman yang sesuai dengan ilklim Indonesia.

"Menanam kedelai itu penting. Tapi alam menyatakan ini tidak terlalu sesuai. Tidak mudah swasembada. Saya pernah coba. Tanam saja jagung nanti jual jagung baru beli kedelai. Tidak perlu semuanuya swasembada," terang pria kelahiran Watampone, Sulawesi Selatan itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, penjualan kacang kedelai untuk bahan baku membuat tahu dan tempe selama sebulan terakhir turun hingga 30 persen. Hal tersebut dipicu naiknya harga kacang asal Amerika menjadi Rp 7.600 - Rp 7.800 per kg dari harga sebelumnya Rp 6.500 per kg.

BERITA TERKAIT
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas