Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kali Ini Malaysia Nggak Mengklaim Tapi Borong Gamelan

Kalau biasanya Malaysia sering diberitakan mengklaim seni budaya milik Indonesia, kali ini enggak. Gamelan Indonesia diborong!

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Kali Ini Malaysia Nggak Mengklaim Tapi Borong Gamelan
TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Gamelan 

Laporan Wartawan Tribunnews, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Kalau sebelumnya Malaysia sering diberitakan main klaim berbagai budaya dan seni asli Indonesia, kali ini negeri tetangga ini tak melakukan kecurangan.

Malah yang dilakukan membeli gamelan Indonesia! Belinya pun dalam skala besar untuk keperluan dunia pendidikan anak-anak di negeri serumpun dengan Indonesia itu.

"Saya mendapatkan kabar dari perajin, kini  Malaysia membeli gamelan dalam jumlah besar, dari perajin gamelan di Jogja dan Jawa tengah yang akan dikirim ke sekolah di sana," tutur Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Prof Wiendhu Nuryanti di Kemendikbud, Kamis (22/11/2012).

Jika masyarakat Indonesia tidak peduli dengan perkembangan gamelan maupun wayang, bukan tidak mungkin 5-10 tahun mendatang kita harus belajar mewayang dari Malaysia, sementara di Indonesia akan punah.

"Tidak ada langkah lain, kita wajib mengembangkan  kebudayaan, khususnya wayang dan gamelan. Jangan sampai punah," tuturnya.

Ditambahkan Wiendu, pascawayang ditetapkan sebagai warisan dunia oleh badan PBB, Unesco,  gaung wayang langsung  menyebar ke seluruh dunia.

BERITA TERKAIT

"Saat ini pemerhati wayang di luar negeri  sangat besar sekali, di Eropa maupun amerika. Di AS ada sekitar 150 orang pemilik gamelan. Belum lagi museum berkaitan dengan kebudayaan Asia Tenggara umumnya mempunyai wayang," katanya.

Klik TRIBUN JAKARTA Digital Newspaper
(Berita, artikel dan foto-fotonya dijamin WOW!)


Baca Artikel Menarik Lainnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas