Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua DPR: Banyak Negara Berhasil Memindahkan Ibukotanya

Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan pemindahan pusat pemerintahan ke satu area baru adalah bagian dari solusi untuk menangani berbagai

Penulis: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ketua DPR: Banyak Negara Berhasil Memindahkan Ibukotanya
WARTA KOTA/ANGGA BN
Hujan merata mengguyur Jakarta, mengakibatkan sejumlah Jalan tergenang hingga tidak bisa dilalui. Seperti di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Kamis (17/1/2013) Banjir setinggi 40-60cm membuat lalu lintas lumpuh total. (WARTA KOTA/Angga Bhagya Nugraha) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan pemindahan pusat pemerintahan ke satu area baru adalah bagian dari solusi untuk menangani berbagai permasalahan yang ada di Jakarta seperti banjir, sampah, dan kemacetan.

“Sudah banyak negara-negara di dunia ini yang memisahkan pusat pemerintahan mereka dengan pusat perdagangan. Ini juga bisa dilakukan oleh Jakarta karena tidak mungkin lagi Jakarta dijadikan sebagai pusat segalanya dengan masalah-masalahnya. Akan lebih mudah menata Jakarta jika pusat pemerintahan dipindahkan,” ujar Marzuki di Gedung DPR, Jakarta, usai menengok posko banjir DPR untuk membantu korban banjir, Jumat (18/1/2013).

Marzuki mencontohkan negara-negara di dunia yang memindahkan ibukota mereka seperti Malaysia, Amerika Serikat, Australia, Brasil. ”Pemindahan ini supaya tidak carut marut. Namanya pusat perdagangan pasti kan banyak mall dan sebagainya yang membuat macet lalu lintas. Ini tentu sangat tidak efektif untuk jalannya pemerintahan,” ujarnya.

Menurutnya, jika pusat pemerintahan dibangun di tempat baru yang paling ideal adalah di pantai utara, Jakarta dengan upaya reklamasi, maka semua bisa ditata dengan baik. Beban Jakarta juga akan bisa dikurangi karena seluruh pegawai pemerintahan pindah dari Jakarta sehingga tugas menata Jakarta akan lebih ringan.

”Disana dibangunkan selain fasilitas perkantoran pemerintahan, juga sarana dan prasarana untuk pegawai pemerintahan. Pegawai pemerintahan maupun para pejabat negara semuanya tinggal disana sehingga misalnya tidak perlu menggunakan kendaraan bermotor tapi cukup bersepeda. Efektifitas pemerintahan pun akan lebih terjamin,” kata Marzuki.

Marzuki mengatakan Pusat pemerintahan itu harus mendapatkan akses ke Jakarta, bandar udara dan lainnya.

”Makanya saya lihat yang paling realistis yah di pantai utara. Meski banyak daerah lain seperti Sumatera Selatan dan juga Kalimantan Tengah yang bersedia memberikan lahan untuk itu secara gratis, tapi tentu biayanya akan lebih mahal. Tapi kalau memang setelah dikaji lebih baik dipindahkan ke Kalteng karena berada ditengah-tengah Indonesia, maka tidak salah juga,” imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Marzuki membantah bahwa usulan pemindahan ini sebagai langkah menggampangkan mengatasi masalah di Jakarta. Dirinya pun menyebutkan kesulitan membenahi Jakarta jika pusat pemerintahan tidak dipindahkan.

”Coba saja sekarang Jokowi pusing hanya untuk memindahkan masyarakat dari bantaran kali. Bagaimana mau menata Jakarta, jika masyarakat di bantaran kali saja sulit dipindahkan?,” katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas