Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selebaran Irman Gusman Beredar dalam Acara Bawaslu di Yogyakarta

Selebaran peserta konvensi Partai Demokrat Irman Gusman, dalam acara Bawaslu di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

zoom-in Selebaran Irman Gusman Beredar dalam Acara Bawaslu di Yogyakarta
parlementaria.wordpress.com
Irman Gusman 

Laporan Reporter Tribun Jogja Ekasanti Anugraheni

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Selebaran (leaflet) peserta konvensi Partai Demokrat Irman Gusman, dalam acara launching  satu juta relawan pengawas pemilu di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam acara tersebut, tiba-tiba beredar leaflet berisi profil ketua DPD RI tersebut. Kebetulan pada saat itu, Irman Gusman juga didaulat sebagai pembicara dalam acara seminar yang digelar Bawaslu RI itu.

Leaflet itu, disebarkan oleh seseorang di acara yang digelar pekan lalu tersebut. Namun, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY telah menangkap pelaku penyebar selebaran Irman Gusman yang meramaikan bursa calon presiden (capres) tersebut.

"Petugas Bawaslu DIY sudah mencari dan menangkap seseorang yang membawa satu bundel leaflet. Ia ternyata protokoler Ketua DPD RI," ucap Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu DIY, Sri R Werdiningsih, Senin (30/9/2013).

Dari kajian Bawaslu, leaflet tersebut bukan termasuk alat peraga kampanye karena tidak ada penyampaian visi misi dan tidak ada ajakan untuk memilih yang bersangkutan. Karenanya,  selebaran itu tidak memenuhi unsur-unsur kampanye.

Lagipula, Irman Gusman juga belum dipastikan sebagai calon presiden peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) karena masih dalam tahapan konvensi capres di parpolnya.

BERITA TERKAIT

"Bawaslu DIY sangat menyesalkan kejadian itu. Penyebaran leaflet itu sangat tidak etis karena dilakukan di sela penyelenggaraan acara Bawaslu RI," imbuhnya.

Untuk itu, Bawaslu DIY telah berkoordinasi dengan panitia Bawaslu RI dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk menghentikan peredaran leaflaet tersebut.

Pada saat kejadian, Bawaslu juga sudah meminta Menwa untuk menarik kembali semua leaflet yang sudah beredar di antara mahasiswa yang hadir.

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas