Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dipo Puji Kejujuran Romo Magnis Soal Demokrasi di Era SBY

Seskab Dipo Alam mengapresiasi pernyataan budayawan dan tokoh pendidikan Romo Franz Magnis Suseno

Penulis: Gusti Sawabi
zoom-in Dipo Puji Kejujuran Romo Magnis Soal Demokrasi di Era SBY
kompas.com
Sekretaris Kabinet, Dipo Alam 

Tribunnews.com, Jakarta -- Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam mengapresiasi pernyataan budayawan dan tokoh pendidikan Romo Franz Magnis Suseno perihal demokrasi di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Romo Magnis mengakui secara jujur bahwa meski dirinya kerap mengkritik keras presiden SBY, tapi ia merasa berkesan karena kemudian tidak mengalami tekanan, ancaman, ataupun pengusiran apapun dari pihak Istana maupun pendukung politik Presiden.

“Pernyataan jujur Romo Magnis Suseno ini saya hargai, dan memang Presiden SBY sudah menyatakan bahwa ia menerima bila kebijakan dan kepemimpinannya dikritik, dicerca, bahkan dihujat, tapi jangan memfitnah,” kata Dipo Alam melalui akun twitternya @dipoalam49.

Pernyataan tersebut disampaikan Seskab Dipo Alam menanggapi artikel Franz Magnis Suseno berjudul “Demokrasi Lima Menit” yang dimuat salah satu media nasional, Kamis (2/1/2014).

Dalam tulisan itu Franz Magnis mengatakan, bulan Mei lalu ia mengkritik dengan nada keras rencana Appeal of Conscience Foundation di New York untuk memberikan statesman award kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Yang bagi saya sendiri paling mengesankan adalah,  bahwa saya kemudian tidak mengalami tekanan, ancaman, ataupun pengusiran apa pun dari pihak istana maupun pendukung politik presiden. Jadi, kebebasan menyatakan pendapat kritis betul-betul ada,” tulis Romo Magnis dalam artikel tersebut sembari menegaskan, bahwa kebebasan menyatakan pendapat kritis itu betul-betul ada pada pemerintahan sekarang.

BERITA REKOMENDASI
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas