Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Inilah Jam Terbang Hatta Radjasa di Pemerintahan yang Jadi Aset Politik PAN

Inilah pengalaman Hatta Radjasa mengelola negara yang jadi aset politik PAN.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Inilah Jam Terbang Hatta Radjasa di Pemerintahan yang Jadi Aset Politik PAN
Dokumentasi Tribunnews.com
Hatta Radjasa, Ketua Umum DPP PAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasanuddin Aco

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia tidak membutuhkan pemimpin yang hanya didasarkan pada popularitas di hadapan masyarakat saja. Namun seorang sosok pemimpin nasional yang sudah berpengalaman dengan Pemerintahan dan mampu membawa jawaban bagi masalah yang dihadapi.

Pada titik itu, sosok Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Radjasa, yang sudah berada di Pemerintahan sejak 13 tahun lalu menjadi salah satu yang wajib dipertimbangkan.

Menurut Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PAN, Viva Yoga Mauladi, Hatta Rajasa adalah tokoh nasional dan internasional. Hatta memiliki pengalaman empiris dalam mengelola negara dan pemerintahan karena beberapa kali menjadi menteri.

"Pengalaman mengelola  pemerintahan adalah menjadi bagian penting dalam menjawab perubahan zaman yang kompleks di era global," kata Viva kepada wartawan di Jakarta,  Minggu (2/3/2014).

Di samping itu, Hatta memiliki visi politik dan ekonomi yang berwatak nasionalis dan kerakyatan, sebuah komitmen kebangsaan yang tidak diragukan lagi. Hal itu penting sebagai seorang pemimpin yang diberi tugas menjaga kedaulatan negara.

Dia memberi contoh tentang pemikiran Hatta soal kebijakan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia ( MP3EI), yang berisi disain tata kelola pemerintahan. Hatta juga berhasil membuat kebijakan soal pengelolaan sumber daya alam, termasuk pertambangan, yang nasionalis serta kerakyatan.

BERITA TERKAIT

"Namun tidak seluruh masyarakat umum mengetahui akan hal ini. Dan Pak Hatta tidak mau pamer atau tidak mau mengeksploitasi hal itu. Karena kata pak Hatta itu sudah menjadi tugas dan tanggungjawabnya untuk bangsa dan negara sebagai seorang menteri," beber Viva.

"Itulah kesederhanaan sikap Pak Hatta."

Dia melanjutkan, sebenarnya bangsa Indonesia membutuhkan tokoh yang memiliki kualifikasi seperti itu. Syaratnya, rakyat Indonesia bersedia merubah mind set bahwa mencari pemimpin itu tak hanya diukur dari sisi popularitas dan elektabilitas berdasarkan hasil survei.

Sebab meski popularitas tidak berbanding lurus dengan elektabilitas, namun faktor yang berpengaruh besar terhadap nilai elektabilitas adalah popularitas. Itu sebabnya tak aneh bila muncul strategi political marketing dengan cara menaikkan popularitas melalui program iklan, atau berpura-pura menjadi sinterklas, dan sebagainya.

"Hal itu akan sangat berbahaya buat eksistensi indonesia sebagai nation state," tandasnya.

Sebelumnya, Pengamat Politik Arya Fernandez menilai Hatta Radjasa adalah sosok yang cukup berpengalaman serta berhasil dalam kinerjanya sebagai menteri di beberapa periode pemerintahan.

Menurut Arya, Hatta adalah seorang ekonom senior yang sudah berpengalaman di pemerintahan. Dia tercatat telah menjabat sebagai menteri sejak jaman Pemerintahan Megawati Soekarnoputri, yakni Menteri Riset dan Teknologi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas