Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gudang Amunisi Kopaska Yang Meledak Terletak di Bawah Tanah

Berikut deskripsi letak dan bentuk gudang amunisi milik Kopaska yang meledak di Pulau Dayung.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Gudang Amunisi Kopaska Yang Meledak Terletak di Bawah Tanah
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Salah satu bangunan di markas Kopaska Jakarta Utara terlihat hancur akibat ledakan, Rabu (5/3/2014). Ledakan diduga berasal dari gudang amunisi di markas Kopaska dan menimbulkan korban jiwa. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gudang amunisi yang meledak milik Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut, sebagian besar bangunannya terletak di dalam tanah, hanya atapnya saja yang menyembul di permukaan berbentuk setengah lingkaran.

Bagian dalam gudang berbentuk persegi panjang, berukuran sekitar 15 X 40 meter, dengan tembok beton tebal, serta pintu besi.

Adapun Pondok Dayung adalah sebuah pulau berbentuk bersegi panjang, berukurang sekitar 1 kilometer persegi. Jarak pulau itu hanya sekitar 500 meter dari pesisir Jakarta. Siapapun yang hendak berkunjung ke Pondok Dayung, harus menyeberang menumpang kapal kecil.

Di sisi utara Pondok Dayung, terdapat wilayah TNI AL. Di tempat itu terdapat markas Kopaska, Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib), lapangan tembak, serta dermaga kapal cepat. Sedangkan di sisi timur merupakan wilayah Kepolisian.

Kepala Pusat Penerangan TNI, Laksda TNI Iskandar Sitompul, kepada wartawan di Rumah Sakit AL Mintohardjo, Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengatakan sempat terjadi korsleting listrik, sehingga menimbulkan kebakaran.

"Lalu para petugas melakukan perannya memadamkan api tersebut, sebelum padam gudang itu meledak," katanya.

BERITA TERKAIT

Gudang tersebut digunakan untuk menyimpan berbagai senjata laras panjang dan laras pendek Kopaska. Namun belum lama ini gudang itu juga dijadikan penyimpanan bahan peledak TNT.

Akibat kejadian itu, 86 orang luka-luka, dan satu orang petugas Fasilitas dan Perbaikan Kapal-kapal Wilayah Barat Fasharkam Lantama, Serka Anumerta Iman, meninggal dunia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas