Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Akses Online Transaksi APBD Bisa Cegah Korupsi

Penempatan dana APBD ke Bank Pembangunan Daerah yang telah terintegrasi sistem online, dinilai bisa mencegah korupsi

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Akses Online Transaksi APBD Bisa Cegah Korupsi
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Ketua BPK Hadi Purnomo, menyapa wartawan sebelum memulai rapat konsultasi dengan para menteri di Gedung BPK, Jakarta, Senin (6/1/2014). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penempatan dana APBD ke Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang telah terintegrasi sistem online, dinilai mampu mencegah terjadinya korupsi dalam transaksi keuangan yang menggunakan dana APBD.

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Purnomo menuturkan kerjasama antara BPK dengan 13 Pemkab di Kalteng dan Pemprov Kalteng dan BPD Kalteng, mempermudah tindakan preventif potensi penyalahgunaan anggaran.

"Kalau bisa akses ke rekening kan enak. Hanya dibuat preventifnya. Terjadinya korupsi karena ada niat dan kesempatan. BPK tidak bisa menghilangkan niat, tapi kalau kesempatan bisa dicegah," kata Hadi di gedung BPK, Senin (10/3/2014).

Menurutnya kerjasama sistem online antara BPK dan BPD tak terbatas pada kabupaten dan provinsi Kalteng saja. Namun pada Jumat nanti, pihaknya akan bekerjasama dengan Provinsi Kaltim dan Sumatera Selatan.

"Semua (daerah) ingin terbuka, cuma tidak tahu bagaimana supaya terbuka. Sumber APBD kalau di BPD, bisa sama-sama diakses," katanya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas