Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuaca Buruk Jadi Kesulitan Terbesar SAR Rusia Evakuasi AirAsia

"Hambatan utama yang dihadapi mungkin semua penyelemat di pasukan internasional dan pasukan Indonesia adalah cuaca," kata Edward.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Y Gustaman
zoom-in Cuaca Buruk Jadi Kesulitan Terbesar SAR Rusia Evakuasi AirAsia
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Pesawat Rusia dengan nomor ekor RF-31121 tiba di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Minggu (4/1/2015) pukul 13.20 WIB. Sejumlah personel tampak turun dari pesawat amphibi tersebut. TRIBUN PONTIANAK / DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bantuan tim SAR Centropas dari Rusia mengakhiri tugasnya mengevakuasi korban pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di perairan Selat Karimata, Minggu (28/12/2014).

Ketua Pakar Militer Kementerian Keadaan Darurat Rusia, Edward Chizikov, mengatakan salah satu hambatan yang harus dilalui adalah kondisi cuaca dan ombak tinggi di sekitar lokasi evakuasi.




"Hambatan utama yang dihadapi mungkin semua penyelemat di pasukan internasional dan pasukan Indonesia adalah cuaca," kata Edward di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (11/1/2015).

Dirinya mengatakan, gelombang laut baik di atas permukaan dan arus di bawah menjadi hambatan lainnya dalam melakukan pencarian pesawat berpenumpang 155 orang dan 7 awak itu.

"Ada gelombang yang sangat besar. Pilot yang mengendarai pesawat, mereka bekerja dalam keadaan yang agak sulit sebab tidak ada petunjuk kemana harus pergi, bagaimana tempat kejadian," katanya.

Ia mengaku bersyukur tim SAR gabungan baik dari Badan SAR Nasional dan pihaknya dapat menyelesaikan tugas evakuasi sampai ekor pesawat nahas itu terangkat ke permukaan.

BERITA TERKAIT

"Tetapi kami menyelesaikan semua masalah ini. Hasilnya bagian belakang pesawat dengan bantuan dari pasukan Rusia, dinaikkan ke kapal Crest Onix dan dibawa ke darat," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas