Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Anies Impikan Sekolah Ibarat Taman Bermain Menyenangkan Bagi Siswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memiliki impian agar seluruh sekolah layaknya taman bermain seperti pesan Ki Hajar Dewantara.

Penulis: Rahmat Patutie
Editor: Y Gustaman
zoom-in Menteri Anies Impikan Sekolah Ibarat Taman Bermain Menyenangkan Bagi Siswa
Tribunnews.com/Tribunnews.com/Andri Malau
Mendikbud Anies Baswedan. (Tribunnews.com/Andri Malau) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat Patutie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memiliki impian agar seluruh sekolah di Indonesia layaknya taman bermain yang menyenangkan.

Sekolah sebagai taman bermain sudah dicita-citakan pahlawan dan bapak pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara yang telah membentuk Taman Siswa. Anies menganggap sekolah ibarat taman membuat siswa asyik belajar.

Penggagas gerakan 'Indonesia Mengajar' ini meyakini sekolah merupakan institusi besar yang dapat membentuk karakter generasi bangsa. Karakter yang dimaksud berjiwa Pancasila dan mempraktikkannya dalam kehidupan harian.

"Apa yang dikatakan Ki Hajar Dewantara, sekolah di situlah taman yang menyenangkan. Anak-anak datang ke taman dengan senang hati, meninggalkan taman dengan senang hati," ujar Anies di Kemendikbud, Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Selain itu, Anies mengajak para guru sebaiknya menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan. "Karena yang siswa suka bukan buku matematikanya, tapi cara guru mengajarnya," kata Anies.

Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969 itu berharap Hari Pendidikan Nasional tiap 2 Mei, menjadi gerakan agar para guru di sekolah menciptakan sesuatu yang menyenangkan bagi para siswa.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas