Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Lepaskan Tiga Warga Lampung Utara yang Hendak Gabung ISIS

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Anton Charliyan, mengatakan ‎sebelum ditangkap oleh Densus 88, ketiga warga ini sudah terbang ke Teheran, Turki.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Polisi Lepaskan Tiga Warga Lampung Utara yang Hendak Gabung ISIS
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kadivhumas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Densus 88 Mabes Polri melepaskan tiga warga Abung Semuli, Lampung Utara, yang diamankan dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Sabtu (20/6/2015).

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Anton Charliyan, mengatakan ‎sebelum ditangkap oleh Densus 88, ketiga warga ini sudah terbang ke Teheran, Turki.

Di sana mereka dideportasi ke Indonesia.

"Sampai ke Indonesia mereka dibawa oleh Densus 88 lalu diperiksa intensif di Mako Brimob Kelapa Dua. Tiga orang ini, suami, istri dan ibunya," ungkap Anton, Senin (26/6/2015) di Mabes Polri.

Setelah diperiksa intensif, ketiga orang ini dikembalikan ke keluarganya melalui Dinas Sosial. Mereka dilepaskan karena memang belum ada indikasi tindak pidana yang dilakukan oleh mereka.

"Memang mereka mengaku mau jihat, mau gabung dengan ISIS tapi kan cara jihatnya salah," tambah Anton.

Ketiga warga Lampung Utara yang masih satu keluarga itu, yakni Trimanto Sarimin Warkam (29) dan istrinya Sofiatun Umiyati (35) , serta ibunya bernama Kasiati Warkam (50). Mereka pergi ke Turki pada tanggal 3 Juni 2015.

BERITA TERKAIT

Ketiganya diketahui berangkat dari Jakarta pada tanggal 3 Juni 2015 dengan menggunakan penerbangan pesawat Turkey Airline menuju Ankara.

Di ibu kota Turki tersebut, ketiga orang ini sempat menginap selama satu minggu. Kemudian, ketiganya diketahui bersiap berangkat ke Syria untuk bergabung dengan ISIS.

Pada saat hendak berangkat itulah ketiganya tertangkap oleh aparat keamanan Turki dalam sebuah razia keamanan.

Dalam pemeriksaan intensif, Trimanto akhirnya mengakui bahwa keberangkatannya ke Turki menuju Syria adalah untuk bergabung dengan ISIS. Pihak keamanan Turki akhirnya mendeportasi ketiga warga Lampung tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas