Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jas dan Peci Bung Karno Jadi Koleksi Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Daftar memorabilia Museum Perumusan Naskah Proklamasi akan bertambah, yaitu jas dan peci yang pernah dipakai oleh Bung Karno.

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Y Gustaman
zoom-in Jas dan Peci Bung Karno Jadi Koleksi Museum Perumusan Naskah Proklamasi
COLLECTIE TROPENMUSEUM/Wikipedia
Presiden Soekarno (kiri) dan Menteri Luar Negeri Agus Salim saat dalam tahanan Belanda pada 1949. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Daftar memorabilia Museum Perumusan Naskah Proklamasi akan bertambah. Kali ini memorabilia yang akan dapat dilihat pengunjung adalah milik keluarga Soekarno.

Memorabilia tersebut dijanjikan Hendra Rahtomo. Cucu Bung Karno yang akrab disapa Romy Soekarno itu berjanji akan memberikan memorabilia yang dimiliki keluarganya untuk menambah koleksi museum.

"Setelah pertemuan dengan pengurus museum dan anak dari Laksamana Maeda, kami sepakat memberikan memorabilia dan replika dari keluarga masing-masing," ujar Romy di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (16/8/45).

Ia mengaku masih mempunyai jas dan peci asli yang dipakai oleh Soekarno. Anak dari Rachmawati Soekarno tersebut berjanji secepatnya akan ia berikan ke pihak museum.

"Iya saya akan buat dulu replikanya. Nanti kalau sudah jadi, saya berikan ke museum. Biar di museum ini lebih terasa momen perjuangannya," tambah ayah pesinetron Ricky Harun.

Ia menambahkan bahwa Nishimura Taijo, anak Laksamana Maeda juga akan melakukan hal sama. Tapi sepertinya itu agak menyulitkan karena Nishimura Taijo harus mencari atribut asli yang dipakai Laksamana Maeda.

BERITA TERKAIT

"Itu cukup sulit sih dia (Nishimura Taijo) masih harus mencari. Dia datang ke sini juga sedang mencari itu. Jadi doakan saja secepatnya dapat selesai," sambung Romy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas