Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: Jangan Sampai Ada Pembakaran Baru

Apalagi, kata Jokowi, mengingat el nino masih kuat dan akan memberikan dampak pada berkurangnya curah hujan di wilayah Indonesia.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jokowi: Jangan Sampai Ada Pembakaran Baru
Harian Warta Kota/henry lopulalan
Presiden Joko Widodo bersiap menyambut Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari saat kunjungan diplomatik di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/11/2015). Kedua pihak membahas kerjasama bidang ekonomi, maritim, keamanan, pendidikan, farmasi dan medis. Warta Kota/henry lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - "Jangan sampai ada pembakaran baru."

Demikian diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada semua pihak agar tetap waspada meski jarak pandang di wilayah yang terkepung asap telah berangsur pulih dan kualitas udara juga semakin membaik.

Apalagi, kata Jokowi, mengingat el nino masih kuat dan akan memberikan dampak pada berkurangnya curah hujan di wilayah Indonesia.

"Khususnya sebelah selatan khatulistiwa," ujar Presiden Joko Widodo ketika memulai Rapat Terbatas tentang Tindak Lanjut Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (5/11/2015).

Berdasarkan laporan terakhir yang diterima Presiden, terlihat sebagian kondisi cuaca di Sumatera dan Kalimantan sudah mulai membaik.

"Hujan turun di beberapa wilayah daerah terdampak," ucap Presiden.

Titik panas sudah mulai berkurang. Titik panas di Sumatera masih ada 53 titik. Sedangkan Kalimantan ada 124 titik.

BERITA TERKAIT

Presiden menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan laporan dari BMKG memperkirakan awal Desember baru mulai musim hujan. "Itupun hujannya kemungkinan dibawah normal," ujar Presiden.

Untuk itu, Presiden meminta untuk tidak lengah. Pun menegaskan jangan sampai ada pembakaran baru.

"Pemadaman api melalui operasi udara dan darat harus terus dilakukan," ucap Presiden.

Patroli di daerah-daerah yang sudah berhasil memadamkan kebakaran agar ditingkatkan untuk menjaga jangan sampai terbakar lagi atau timbul titik api baru. "Pemadaman di Sumsel dan Papua harus terus dan segera dilaksanakan," ucap Presiden.

Sejalan dengan itu, pelayanan bagi korban dampak kebakaran harus terus berjalan. Akses layanan kesehatan harus terus siaga 24 jam, rumah singgah dan sekolah aman asap terus disediakan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas